Sudah Kenalan dengan Tongtol? Tongkat Ajaib yang Diprediksi Akan Booming!

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Sudah Kenalan dengan Tongtol? Tongkat Ajaib yang Diprediksi Akan Booming!

Sudah Kenalan dengan Tongtol? Tongkat Ajaib yang Diprediksi Akan Booming!

KEPONEWS.COM - Sudah Kenalan dengan Tongtol? Tongkat Ajaib yang Diprediksi Akan Booming! Percepatan pembangunan pemerintah yang komitmen terhadap pembangunan infrastruktur menghasilkan banyak kemajuan. Antara lain keberadaan jalan tol atau jalan bebas hambatan di banyak sekali kota. Masya...

Percepatan pembangunan pemerintah yang komitmen terhadap pembangunan infrastruktur menghasilkan banyak kemajuan. Antara lain keberadaan jalan tol atau jalan bebas hambatan di banyak sekali kota. Masyarakat tidak mau menyia-nyiakan kemajuan ini. Hal ini dapat terlihat dari semakin banyak masyarakat yang menggunakan jalan tol.

Untuk mempercepat antrean pembayaran tol, mulai bulan Oktober nanti, pihak pengelola jalan tol sudah tidak mendapatkan pembayaran tunai. Pembayaran hanya akan dilayani dengan menggunakan kartu alias non-tunai.

Beberapa hari belakangan, muncul fenomena Tongtol atau Tongkat E-Toll. Tongkat ajaib ini ternyata ialah tongkat untuk membantu penggunanya menempelkan kartu e-toll pembayaran ke reader di Gerbang Tol Otomatis (GTO).

Screenshot_2017-09-12-21-06-25-1

Sekilas, tongkat e-tol mirip dengan alat penepuk lalat. Tongkat ini mempunyai panjang kurang dari 1 meter dengan ujung tongkat berupa tempat untuk meletakkan kartu.

Penemu tongtol merupakan Andrian Gunawan, seorang anak dari pengelola pabrik plastik asal Kopo, Bandung. Idenya bermula dari banyaknya pengguna e-toll yang kesusahan untuk menjangkau reader di GTO dikarenakan ukuran mobilnya yang tidak sesuai dengan reader.

Idenya muncul sekitar setahun lalu. Kan mulai banyak orang pakai e-tollcard. Tapi ada satu masalah. Terutama yang pengemudi perempuan. Karena tangannya gak sampai, mereka sampai harus lepas seatbelt bahkan buka pintu, Ujarnya.

Screenshot_2017-09-12-21-11-24-1

Tongtol sekarang mulai dijual online di beberapa situs penjualan. Harganya berkisar antara 15.000-70.000 rupiah per bijinya, tergantung bahan yang dipakai. Makin bagus bahan, makin awet barangnya, harganya juga semakin mahal.

Ketika ini penjualan tongtol merangkak naik. Dengan diberlakukannya pembayaran tol secara non-tunai, tidak menutup kemungkinan tongtol akan menjadi booming seperti tongsis dulu.

Comments