Subsidi Elpiji 3 Kg Bakal Dicabut, Menko Luhut: Untuk Efisiensi

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Subsidi Elpiji 3 Kg Bakal Dicabut, Menko Luhut: Untuk Efisiensi

Subsidi Elpiji 3 Kg Bakal Dicabut, Menko Luhut: Untuk Efisiensi

KEPONEWS.COM - Subsidi Elpiji 3 Kg Bakal Dicabut, Menko Luhut: Untuk Efisiensi JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, rencana pemerintah mencabut subsidi gas Elpiji 3 kilogram (kg) tujuannya untuk efisiensi. Dia bilan...
Loading...

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, rencana pemerintah mencabut subsidi gas Elpiji 3 kilogram (kg) tujuannya untuk efisiensi. Dia bilang, tidak ada tujuan pemerintah untuk merugikan masyarakat.

"Karena kelihatannya kurang efisien. Jadi Tidak ada rencana merugikan masyarakat. Konteksnya efisiensi," ungkapnya dalam acara diskusi bersama media di kantornya, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Skema Diubah, Menteri ESDM Masih Identifikasi Penerima Subsidi Gas Elpiji 3 Kg

Luhut menyatakan, subsidi Elpiji 3 kg seharusnya hanya dinikmati oleh masyarakat miskin. Sayangnya, sering kali tidak tepat sasaran membuat subsidi gas ini terus melonjak setiap tahun.

Oleh karena itu, penghapusan subsidi akan dilakukan dengan pengurangan secara bertahan. Kemudian, subsidi dialihkan dengan pemberian dana langsung kepada masyarakat miskin.

"Semua subsidi akan bertahap kita kurangi tapi kita akan berikan langsung kepada yang membutuhkan," kata dia.

Polemik Kenaikan Gas Elpiji 3 Kg

Sekedar diketahui, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menerapkan sistem distribusi tepat sasaran Elpiji 3 kg mulai pertengahan tahun 2020. Sehingga nantinya, hanya masyarakat yang berhak saja yang dapat menikmati subsidi.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto mengatakan, sistem baru distribusi Elpiji 3 kg adalah subsidi bukan lagi diberikan pada produknya, melainkan pada penerimanya.

Selanjutnya

Comments