Studi: 6 Benda Ini Jadi Medium Penyebaran Covid-19

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Studi: 6 Benda Ini Jadi Medium Penyebaran Covid-19

Studi: 6 Benda Ini Jadi Medium Penyebaran Covid-19

KEPONEWS.COM - Studi: 6 Benda Ini Jadi Medium Penyebaran Covid-19 Virus corona penyebab Covid-19 diyakini menyebar lewat droplet ataupun aerosol percikan udara pasien Covid-19 di ruangan berventilasi buruk. Tidak hanya itu, berdasar studi terbaru dikatakan bahwa ben...

Virus corona penyebab Covid-19 diyakini menyebar lewat droplet ataupun aerosol percikan udara pasien Covid-19 di ruangan berventilasi buruk. Tidak hanya itu, berdasar studi terbaru dikatakan bahwa benda-benda tertentu bisa menjadi medium penyebaran virus corona.

Penelitian Australia menerbitkan hasil studi yang membuktikan bahwa ada berita yang tidak banyak diketahui masyarakat bahwa penularan virus corona penyebab Covid-19 bisa melalui permukaan benda. Hal itu karena virus bertahan di permukaan benda itu berhari-hari dalam suhu tertentu.

Menurut laporan Times of India, berikut ini beberapa benda yang bisa menjadi medium penularan Covid-19:

mobil

1. Benda berbahan baja di kendaraan umum

Tak bisa dipungkiri, sudah banyak masyarakat kembali melakukan rutinitas seperti biasanya. Beberapa dari mereka memakai kendaraan umum menuju tujuannya.

Nah, kendaraan umum ini bisa menjadi tempat penyebaran virus, khususnya pada area yang terbuat dari baja misalnya tiang, jendela, atau kaca. Medium tersebut dinilai menjadi tempat berkembang biak yang baik, khususnya dalam suhu sedang.

Jendela maupun tiang di dalam kendaraan umum juga paling sering tersentuh oleh banyak tangan dan ini membuat benda tersebut semakin tinggi risikonya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk meminimalisir menyentuh benda berbahan baja saat memakai kendaraan umum, ya.

2. Uang kertas

Benda yang masih digunakan oleh banyak masyarakat ini ternyata jadi bagian dari medium yang bisa menyebarkan virus corona. Penelitian yang berbasis di Australia menunjukkan bahwa virus corona berpotensi berkembang di uang kertas dalam pengaturan suhu 20 derajat celsius.

Makanya, tidak heran jikalau saran untuk menerapkan cashless atau melakukan transaksi tanpa uang tunai semakin digencarkan selama pandemi ini. Karena, uang kertas ternyata punya potensi penularan virus corona.

3. Layar ponsel

Layar ponsel bisa jadi satu-satunya pembawa virus atau bakteri infeksi. Itu karena layar ponsel disentuh oleh jari Kamu setiap saat dan membawanya kemana pun Kamu pergi, termasuk ke toilet.

Karena itu, Kamu harus sangat memastikan layar ponsel selalu disemprot disinfektan jikalau Kamu baru dari luar rumah. Alasannya adalah, potensi Kamu menyebarkan bakteri atau virus dari layar ponsel ke benda lain di rumah sangat bisa terjadi.

4. Ruang tunggu rumah sakit

Rumah sakit ialah tempat yang dapat dipastikan selalu didisinfeksi setiap saat, terutama saat pandemi. Namun, ruang tunggu punya ceritanya yang berbeda.

Ini berkaitan dengan seringnya orang duduk atau berada di ruang tunggu rumah sakit. Mereka bisa saja memegang area yang sama dan dilakukan oleh banyak orang dan ini berpotensi menyebarkan virus dari satu orang ke orang lain.

5. Mesin ATM

Mesin ATM masuk dalam kelompok benda yang bisa jadi medium penyebaran virus corona. Benda yang satu ini dipergunakan oleh banyak orang, khususnya tombol-tombol yang ada di benda ini. Karena itu, usahakan seminimal mungkin memakai mesin ATM sekarang.

Bila terpaksa memakai mesin ATM, pastikan usai menarik atau mengirim uang di mesin ATM, cuci tangan dengan sabun secara benar. Selain itu, jangan pegang benda-benda pribadi seperti ponsel setelah memegang mesin ATM.

Fenomena Bulan Purnama Biru Langka Akan Terjadi Malam Ini

6. Peralatan dapur berbahan stainless

Peralatan dapur Kamu yang berbahan stainless bisa jadi medium lain penularan Covid-19. Benda ini bahkan dinilai cukup cepat menularkan virus yang ada di sana. Karena itu, sangat disarankan agar membersihkan permukaan benda-benda berbahan stainless serutin mungkin.

(DRM)

Comments