Street food 10 negara ini bikin mual, bahan bakunya ekstrem

Unik

Ragam / Unik

Street food 10 negara ini bikin mual, bahan bakunya ekstrem

Street food 10 negara ini bikin mual, bahan bakunya ekstrem

KEPONEWS.COM - Street food 10 negara ini bikin mual, bahan bakunya ekstrem Bila kamu berlibur ke suatu tempat, selain tempat wisata biasanya apalagi yang akan kamu cari? Pasti tak lain tak bukan tentu masakan khasnya, bukan? Ya, setiap kota, setiap negara pasti selalu punya...
Loading...

Bila kamu berlibur ke suatu tempat, selain tempat wisata biasanya apalagi yang akan kamu cari? Pasti tak lain tak bukan tentu masakan khasnya, bukan? Ya, setiap kota, setiap negara pasti selalu punya makanan khas yang biasanya cuma ada di tempat itu. Rasanya rugi jikalau tak merasakan karena sudah jauh-jauh datang ke sana.

Nah, dalam beberapa tahun terakhir di beberapa negara terdapat street food alias jajanan kekinian yang dijual di pinggir-pinggir jalan. Tujuannya agar semua turis bisa langsung 'ngeh' dan mudah mencari makanan.

Tapi ternyata tak semua street food itu akrab citarasanya di mulut setiap orang lho ya. Alasannya adalah beberapa di antaranya berbahan baku tak biasa alias ekstrem. Bukannya ngiler, eh tapi malah bikin sebagian orang malah mual dan batal lapar. Padahal konon katanya rasanya sangat lezat dan bikin ketagihan. Penasaran, kan?

Dilansir dari Listverse pada Jumat (14/6), berikut deretan jajanan kekinian dari 10 negara ramai turis namun bisa bikin mual karena bahan bakunya tak biasa dan jarang ditemui di tempat lain.

1. Balut (Filipina)

Street food ekstrem di berbagai negara © 2019

Balut merupakan telur rebus. Tapi memang apa yang ekstrem? Bukannya tak ada yang aneh dengan telur rebus? Nah, ternyata balut ini merupakan telur rebus yang isinya merupakan janin bebek kecil. Disebut ekstrem karena janin bebek itu direbus hidup-hidup!

Untuk membuatnya, telur bebek yang dibuahi akan diinkubasi hingga 20 hari kemudian baru bisa dimasak. Banyak orang bilang makan balut bisa bikin ketagihan karena rasa kaldunya yang sangat lezat. Balut ini biasanya dianggap cocok disantap dengan ditemani bir untuk minumannya.

2. Winkles (Inggris)

Street food ekstrem di berbagai negara © 2019

Tak banyak yang tahu soal masakan khas Inggris ini. Winkles ialah siput kecil yang rupanya hampir mirip kerang. Orang-orang di Inggris biasanya menikmati menu ini dengan cara merebus lalu cukup menghidangkannya dengan garam dan cuka. Winkles ini disebut banyak ditemukan di daerah pantai Inggris bagian barat.

3. Anggur Tikus (Cina)

Street food ekstrem di berbagai negara © 2019

Minum anggur memang identik dengan minuman mewah. Namun apa jadinya bila ada minuman anggur dengan bahan campuran tikus di dalamnya?

Bayi tikus yang dibiarkan sekitar satu tahun dalam rendaman air anggur itu sudah diakui kelezatannya. Orang Cina percaya bahwa anggur tikus dapat menyembuhkan penyakit asma, meskipun rasanya seperti bensin.

4. Casu Marzu (Sardinia, Italia)

Street food ekstrem di berbagai negara © 2019

Masakan tradisional asal Italia ini bisa dibilang ilegal untuk saat ini. Untuk mendapatkannya kamu perlu blusukan dan pintar Bahasa Italia agar orang-orang setempat akan mengantarkanmu untuk mencarinya.

Casu Marzu ini merupakan keju. Tapi sangat ekstrem karena bahan bakunya sendiri berasal dari larva lalat, penuh dengan belatung hidup! Meski rasanya dibilang lebih enak daripada keju biasa, namun Casu Marzu dianggap sebagai keju yang paling berbahaya untuk kesehatan dan sudah dilarang di Uni Eropa.

5. Isaw (Filipina)

Street food ekstrem di berbagai negara © 2019

Kalau kamu sedang berlibur di Filipina dan menyempatkan bertandang ke tempat-tempat masakan pinggir jalan, tentu kamu akan langsung mencium semerbak aroma daging panggang di mana-mana. Salah satunya mungkin merupakan street food yang diberi nama Isaw ini.

Isaw ialah usus babi berbumbu yang dipanggang. Selain usus bayi, biasanya pedagang setempat juga mencampurinya dengan usus ayam. Rasanya dianggap sangat nikmat karena kenyal dan lembut bercampur jadi satu. Isaw biasanya harus dikonsumsi saat masih panas dengan siraman saus cabai khas Filipina.

6. Bola mata ikan tuna (Jepang)

Street food ekstrem di berbagai negara © 2019

Mungkin rasanya tak ada yang aneh menyantap ikan tuna. Tapi apa kamu bisa bayangkan jikalau kamu disuguhi menu makanan bola mata tuna?

Bola mata tuna ini disebut street food tradisional yang masih banyak ditemukan di Jepang, terutama di daerah pesisir pantai. Rasa bola mata tuna ini disebut percampuran antara telur rebus dan cumi-cumi. Teksturnya sangat kenyal dan dipercaya baik untuk kesehatan karena mengandung banyak omega 3.

7. Andouillette (Prancis)

Street food ekstrem di berbagai negara © 2019

Hampir sama dengan Isaw dari Filipina, Andouillette merupakan street food sosis berbahan baku usus babi. Dianggap masakan ekstrem karena baunya sangat mirip dengan kotoran babi itu sendiri. Duh, gimana nggak mual?

Cara penyajiannya pun ternyata cukup sederhana. Usus babi dicincang lalu dibuat olahan sosis, kemudian digoreng matang dan disajikan dengan krim dan saus mustard. Biasanya Andouillette ini biasa dinikmati dengan anggur merah.

8. Hakarl (Islandia)

Street food ekstrem di berbagai negara © 2019

Beberapa orang setempat saja menyebut makanan ini sebagai makanan tengik dan menjijikkan di dunia. Ya, Hakarl ini ialah masakan ekstrem yang berbahan baku daging hiu mentah yang sudah busuk.

Hakarl ini banyak disukai orang karena dipercaya sudah dikonsumsi selama berabad-abad di Islandia sendiri. Khasiat yang terkandung di dalamnya juga dipercaya dapat berefek baik pada kesehatan. Hmmmm..

9. Tiram Rocky Mountain (Amerika)

Street food ekstrem di berbagai negara © 2019

Banyak orang bilang tiram itu lezat. Tapi Tiram Rocky Mountain ini sangat aneh karena sebenarnya sama sekali bukan tiram. Tiram Rocky Mountain merupakan testis sapi, babi, atau domba yang dikupas lalu dilapisi tepung, dan kemudian digoreng matang.

Penyajiannya biasanya memakai saus panas tradisional. Bentuknya mungkin tak jauh dari cumi goreng tepung pada umumnya, namun sebagian orang justru merasa jijik karena tahu bahwa sebenarnya isinya ialah testis sapi ataupun babi!

10. Cacing Mopane (Zimbabwe)

Street food ekstrem di berbagai negara © 2019

Yakinlah pasti kamu dan sebagian pembaca ini pasti akan merasa jijik seketika. Melihat foto menunya saja sudah bikin geli, apalagi sampai berani-beraninya merasakan menu cacing lezat andalan Zimbabwe ini.

Cacing Mopane diketahui ialah camilan favorit masyarakat setempat hingga saat ini. Terasa ekstrem lagi, karena cacing-cacing ini sebenarnya dipaksa keluar dari pohon tempat tinggal mereka, lalu digoreng hidup-hidup.

Banyak yang mengatakan bahwa Cacing Mopane ini citarasanya seperti usus ayam. Kamu tertarik? Berani menyantapnya satu porsi saja? Silakan piknik ke Zimbabwe ya!

RECOMMENDED
Loading...

Comments