Startup Ini Beri Peluang Milenial Ibadah Umrah ala Backpaker

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Startup Ini Beri Peluang Milenial Ibadah Umrah ala Backpaker

Startup Ini Beri Peluang Milenial Ibadah Umrah ala Backpaker

KEPONEWS.COM - Startup Ini Beri Peluang Milenial Ibadah Umrah ala Backpaker Tren umrah dari tahun ke tahun di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada 2017, jamaah umrah di Indonesia mencapai 875.958 orang. Kemudian tahun lalu, jumlahny naik menjadi 1.005.000 o...

Tren umrah dari tahun ke tahun di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada 2017, jamaah umrah di Indonesia mencapai 875.958 orang. Kemudian tahun lalu, jumlahny naik menjadi 1.005.000 orang. Jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat sekitar 10 persen tiap tahunnya.

Belum lagi penetrasi belanja online di Indonesia yang mencapai 28,1 juta pengguna di tahun yang sama, yang juga diperkirakan akan bakal melonjak hingga 43,9 juta pengguna pada 2022.

Melihat pangsa pasar yang besar ini membuat perusahaan rintisan atau startup Kitaumroh berada dalam posisi yang tepat yang untuk memfasilitasi dan memperkuat perkembangan umrah di Tanah Air.

Menurut Chief Executive Officer Kitaumroh, Emeir Abi Aufa, meski pendatang baru di dunia marketplace khusus jasa perjalanan umrah, tetapi memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi.

Selain itu, Emeir mengaku berani menjamin uang kembali apabila calon jamaah gagal berangkat umrah. Ia mengaku, dengan memakai sistem Escrow atau biasa dikenal dengan rekening bersama, Kitaumroh menyimpan dana calon jamaah umrah sampai tanggal keberangkatan.

Hal ini mereka lakukan untuk meminimalisir kasus penggelapan dana umrah seperti kasus biro perjalanan umrah dan haji, First Travel, pada tahun lalu. Mitra travel yang tersedia juga telah ditinjau izin dan rekam jejak atau track record-nya. Dengan begitu, kata Emier, tidak sembarangan travel bisa bekerjasama dengan Kitaumroh.

Tidak hanya memberikan kenyamanan bagi calon jamaah umrah, startup ini juga memberikan sistem pengolahan data yang memudahkan mitra travel. Di mata Emeir, pihak travel bisa langsung mengolah data penjualan melalui situs web atau software dan hal tersebut bisa mengurangi pengolahan data secara manual.

Startup Kitaumroh.

Selain itu, Kitaumroh juga membantu memasarkan produk atau paket perjalanan pihak travel secara digital, tentunya hal tersebut menguntungkan pihak travel karena berpotensi mendatangkan jamaah baru. Yang menarik, Emeir juga mengatakan kalau mereka memfasilitasi jamaah backpacker dari kalangan milenial.

image_title

Generasi Milenial Mulai Dominasi Pengajuan KPR

image_title

Komentar Industri Fintech Atas Masalah yang Menimpa Seorang Pesohor

image_title

Nuclear Corner, Trik 'Out of the Box' BATAN Dekati Generasi Milenial

"Khusus backpacker, kita hanya urus visa dan paspor, suntik meningitis dari sisi kesehatan, serta tiket keberangkatan dan kepulangan. Setelah itu terserah mereka. Artinya, enggak bareng sama rombongan. Jadi penginapan, akomodasi, dan konsumsi tidak ditanggung," kata dia kepada VIVA di Jakarta, Kamis malam, 24 Januari 2019.

Tahun ini, Emeir menargetkan bisa memberangkatkan 1.000-4.000 jamaah umrah di mana 30 persen atau 300-1.200 orang berasal dari backpacker milenial. Selain itu, ia ingin bekerjasama dengan 50-100 travel. Adapun untuk biaya paket umrah antara Rp20 juta hingga Rp35 juta. Khusus backpacker harganya dimulai dari Rp16 juta sampai Rp18 juta.

Semenjak resmi beroperasi pada 2018 hingga sekarang, jamaah mendaftar lewat situs web. Sedangkan software, untuk Android bisa diakses mulai awal Februari dan iOS pada 20 Februari 2019.

Pada kesempatan yang sama, Chief Marketing Officer Kitaumroh, Eka Ananda Mumpuni mengungkapkan, jamaah bisa memilih sendiri tanggal keberangkatan lewat tagar #pilihsendiritanggalmu.

"Kami sudah memberangkatkan jamaah umrah dua kali. Pertama, bulan Desember 2017 sebanyak 30 jamaah, dan Desember tahun lalu sekitar 38 jamaah," ungkapnya.

Eka menjamin bahwa Kitaumroh merupakan wadah di mana calon jamaah dan pihak travel bisa bertransaksi dengan mudah, aman, dan nyaman.

Hal ini berkaca dari pengalaman kasus penggelapan dana yang dilakukan First Travel, sekaligus menunjukkan masih ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Comments