Stadio Olimpico: Sejarah, Fasilitas, Fakta Menarik

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Stadio Olimpico: Sejarah, Fasilitas, Fakta Menarik

Stadio Olimpico: Sejarah, Fasilitas, Fakta Menarik

KEPONEWS.COM - Stadio Olimpico: Sejarah, Fasilitas, Fakta Menarik Ajang Euro 2020 telah dimulai. Stadio Olimpico Roma menjadi saksi sejarah laga perdana antara Turki vs Italia di Piala Eropa 2020. Berikut ini berita menarik yang telah dirangkum Suara wacana Stadio O...

Ajang Euro 2020 telah dimulai. Stadio Olimpico Roma menjadi saksi sejarah laga perdana antara Turki vs Italia di Piala Eropa 2020. Berikut ini berita menarik yang telah dirangkum Suara wacana Stadio Olimpico.

Stadio Olimpico menjadi tuan rumah tiga laga penyisihan grup serta satu laga perempat final sepanjang gelaran Euro 2020.

Sejarah Stadio Olimpico

Nama Stadio Olimpico kali pertama digunakan pada tahun 1960 silam, pada saat Italia ditunjuk secara resmi menjadi tuan rumah Olimpiade. Sejatinya, nama Stadio Olimpico tersebut menggantikan nama sebelumnya yaitu Stadio dei Centomila yang merujuk pada kapasitasnya menampung 100 ribu penonton.

Link Live Streaming UEFA Euro 2020 Hari Ini, Sabtu 12 Juni 2021

Stadio Olimpico merupakan bagian dari kompleks olahraga Faro Italico, Roma yang juga sempat menjadi pusat kegiatan Komite Olimpiade Nasional Italia (CONI). Daerah Stadio Olimpico sendiri dikelola oleh CONI, semenjak masa pemugaran pada tahun 1949 silam. Adapun fasilitas terpadu yang dimiliki oleh Stadion ini yang masuk wilayah kompleks olahraga Faro Italico juga mempunyai fasilitas 20 lapangan tenis.

Sementara itu, Timnas Italia sendiri kali terakhir memainkan laga di Stadio Olimpico pada Oktober 2019 melawan Yunani, yang berkesudahan dengan skor 2-0. Di mana laga tersebut menjadi bagian dari ajang kualifikasi EURO 2020 Grup J, di mana Italia lolos sebagai pemuncak klasemen akhir grup.

Suasana Stadio Olimpico, Roma saat Opening Ceremony Euro 2020, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB. [Alberto PIZZOLI / AFP]Suasana Stadio Olimpico, Roma saat Opening Ceremony Euro 2020, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB. [Alberto PIZZOLI / AFP]

Fakta Menarik Stadio Olimpico

Stadio Olimpico sendiri pernah menorehkan catatan sejarah penting dalam perjalanan sepak bola dunia. Di Stadio Olimpico ini juga pernah digelar laga puncak partai final Piala Dunia 1990 yang mempertemukan Tim Jerman Barat dan Argentina. Kemudian di akhir laga, Argentina harus mengakui keunggulan Jerman 1-0 lewat eksekusi penalti Andreas Brehme di menit ke-85.

Untuk diketahui, bahwa Stadio Olimpico yang ditetapkan sebagai tuan rumah Euro 2020 pada 2014 silam ialah markas dari dua klub kompetisi teratas Liga Serie A, AS Roma dan Lazio. Embrio Stadio Olimpico telah dimulai semenjak tahun 1932, di mana pada saat itu menjadi bagian dari proyek pusat olahraga di era kepemimpinan diktator Italia, Benito Mussolini.

UEFA EURO 2020: Laga Turki vs Italia Diwarnai Masuknya 'Mobil' ke Tengah Lapangan

Inilah profil singkat Stadio Olimpico yang berhasil dirangkum dari banyak sekali sumber :

Comments