Sri Mulyani Sebut Pertumbuhan Ekonomi Semester I-2019 Capai 5,1%

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Sri Mulyani Sebut Pertumbuhan Ekonomi Semester I-2019 Capai 5,1%

Sri Mulyani Sebut Pertumbuhan Ekonomi Semester I-2019 Capai 5,1%

KEPONEWS.COM - Sri Mulyani Sebut Pertumbuhan Ekonomi Semester I-2019 Capai 5,1% JAKARTA - Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,1% pada semester I 2019. Tak jauh berbeda dengan realisasi pertumbuhan ekonomi semester I 2018 yang sebesar 5,17%. Menteri...

JAKARTA - Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,1% pada semester I 2019. Tak jauh berbeda dengan realisasi pertumbuhan ekonomi semester I 2018 yang sebesar 5,17%.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan angka pertumbuhan ekonomi itu berdasarkan perhitungannya terhadap kontribusi banyak sekali indikator, adalah konsumsi rumah tangga, belanja pemerintah, hingga realisasi ekspor dan impor Indonesia.

Sri Mulyani Prediksi Pertumbuhan Ekonomi di Bawah 5,2%

"Realisasi pertumbuhan ekonomi semester I 2019 sebesar 5,1%, ini masih estimasi. Karena BPS akan merilis datanya pada Agustus 2019 mendatang," ungkapnya dalam rapat dengan Banggar DPR RI, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Sri Mulyani

Dia menyatakan, kondisi perekonomian domestik memang terimbas tekanan dari eskternal, di mana menguatnya ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China. Selain itu, didorong adanya tekanan suku bunga acuan The Fed yang tinggi, membuat investasi langsung asing mengalami perlambatan.

Pertumbuhan Ekonomi 2018 Capai 5,17%, Sri Mulyani: Tertinggi 4 Tahun Terakhir

"Sehingga meskipun tingkat konsumsi rumah tangga msih cukup kuat dan tumbuh tinggi, namun kami melihat untuk investasi mulai terjadi kecenderungan melambat," jelas dia.

Bendahara itu memaparkan, perang dagang antar kedua negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu memang membuat pertumbuhan ekonomi global melemah. Sehingga pelemahan ekonomi dialami banyak negara, termasuk oleh negara-negara maju di dunia.

; Bank Dunia Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Jadi 5,1% di 2019

"Banyak pertumbuhan negara besar di dunia sudah melambat di kuartal I 2019. Ini juga didukung dengan data perdagangan global dan indeks harga komoditas yang semuanya cenderung melemah," katanya.

Selanjutnya

Comments