Sri Mulyani Sebut Juni Jadi Puncak Kenaikan Inflasi di 2017

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Sri Mulyani Sebut Juni Jadi Puncak Kenaikan Inflasi di 2017

Sri Mulyani Sebut Juni Jadi Puncak Kenaikan Inflasi di 2017

KEPONEWS.COM - Sri Mulyani Sebut Juni Jadi Puncak Kenaikan Inflasi di 2017 JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka inflasi di bulan Juni 2017 sebesar 0,69%. Angka tersebut lebih tinggi dari bulan Mei 2017 sebesar 0,39%.Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mema...
Loading...

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka inflasi di bulan Juni 2017 sebesar 0,69%. Angka tersebut lebih tinggi dari bulan Mei 2017 sebesar 0,39%.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan kalau dilihat dari sisi permintaan, inflasi di bulan Juni ini merupakan puncak tertinggi dari inflasi selama setahun.

BERITA REKOMENDASI

"Kalau dilihat dari demand side, puncaknya kan terjadi di pertengahan tahun ini karena kita punya lebaran, liburan, mau masuk tahun baru sekolah, sehingga memang dari sisi demand side untuk inflasi, yang paling puncak merupakan di sini," ungkapnya di Gedung Djuanda, Jakarta, Senin (3/7/2017).

Sementara itu, dari sisi pasokan Menkeu melihat seharunya untuk pangan dan makanan puncaknya ada di kuartal I yakni antara bulan Maret-April. Terutama ketika ini musim hujan yang panjang sampai bulan Juli sehingga Pemerintah melihat dari sisi makanan, diharapkan tidak ada tekanan inflasi dari sisi demand.

"Tekanan inflasi dari supply side ialah yang berasal dari cost, cost ini yang paling besar ialah berasal dari BBM, listrik. Listrik kita sudah fis out, kan seperti yang selama ini sudah dilakukan, lalu BBM tidak kami naikkan. Kami berharap pressure dari sisi cost, supply, akan melemah atau berkurang. Sementara, pressure dari sisi demand, juga akan berkurang, sehingga kami berharap pada semester II, outlook inflasi jadi relatif lebih baik. Tentu ini sangat bergantung pada kebijakan Bank Indonesia untuk terus menjaga inflasi yang berasal dari core dan impor," tukasnya.

Sri Mulyani Sebut Juni Jadi Puncak Kenaikan Inflasi di 2017
Loading...

Comments