Sri Mulyani: Perjalanan Dinas Setahun Sekali Saja, Jangan Wira-Wiri!

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Sri Mulyani: Perjalanan Dinas Setahun Sekali Saja, Jangan Wira-Wiri!

Sri Mulyani: Perjalanan Dinas Setahun Sekali Saja, Jangan Wira-Wiri!

KEPONEWS.COM - Sri Mulyani: Perjalanan Dinas Setahun Sekali Saja, Jangan Wira-Wiri! JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyoroti rendahnya efisiensi dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Mengingat hampir 70% dari total APBD merupakan dana dana...

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyoroti rendahnya efisiensi dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Mengingat hampir 70% dari total APBD merupakan dana dana transfer dari pemerintah pusat ke daerah.

Menurut Sri Mulyani, salah satu belanja pemerintah daerah yang membuat anggaran tidak efisien merupakan belanja perjalanan dinas. Porsinya bisa mencapai 13,4% dari keseluruhan rata-rata belanja pemerintah daerah.

Daerah Kesulitan Kelola APBD, Sri Mulyani: Mungkin Butuh 540 Menteri Keuangan

"Tolong, perjalanan dinas untuk sosialisasi satu kali setahun saja. Jangan wira-wiri," ujar dia di hadapan ratusan kepala daerah dalam Sosialisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa 2020 di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Untuk menekan belanja perjalanan dinas tersebut, menurut Sri Mulyani, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengarahkan setiap kementerian atau lembaga untuk mengatur dengan tepat guna sosialisasi pejabat daerah bisa lebih terkoordinasi.

Lambaikan Tangan Kiri, Sri Mulyani Tiba di Istana Negara

Selain itu, belanja barang dan jasa kantor pun dinilai tidak efisien, lantaran porsinya cukup besar adalah rata-rata mencapai 17,5% dari belanja di dalam APBD. Belum lagi, belanja pegawai saja rata-rata mencapai 36% dari total anggaran belanja daerah.

Selanjutnya

Comments