SPOILER! Mengenal Grandfather Paradoks dan Time Travel di Avengers: Endgame

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

SPOILER! Mengenal Grandfather Paradoks dan Time Travel di Avengers: Endgame

SPOILER! Mengenal Grandfather Paradoks dan Time Travel di Avengers: Endgame

KEPONEWS.COM - SPOILER! Mengenal Grandfather Paradoks dan Time Travel di Avengers: Endgame Avengers: Endgame. (youtube/Marvel Entertainment) Avengers: Endgame buatan Marvel memang sedang mencuri perhatian banyak orang. Pasalnya, film ini menjadi akhir dari perjalanan para superhero keren s...

Avengers: Endgame. (youtube/Marvel Entertainment)

Avengers: Endgame buatan Marvel memang sedang mencuri perhatian banyak orang. Pasalnya, film ini menjadi akhir dari perjalanan para superhero keren saat melawan Thanos. Satu hal yang begitu menarik dari sepanjang film ini merupakan momen time travel yang dilakukan tim Avengers.

Jikalau kamu masih kebingungan mencerna bagaimana timeline waktu dalam Avengers: Endgame, secara sains, fenomena ini dapat dijelaskan oleh grandfather paradoks.

Sebelum melanjutkan pengenalan mengenai grandfather paradoks dan time travel di Avengers: Endgame, sebaiknya kamu mempersiapkan diri untuk banyak sekali spoiler berikut ini ya.

Secara garis besar, Avengers: Endgame berkisah mengenai Iron Man, Captain America, Hulk, Black Widow, Hawk Eye, Ant Man, War Machine, Roket, dan Nebula yang melakukan time travel ke masa lalu untuk mengumpulkan infinity stone yang sebelumnya berhasil direbut Thanos.

Tujuan tim Avengers ini melakukan time travel ini untuk merubah masa depan saat Thanos sukses menghilangkan sebagian populasi Bumi. Berkat bantuan Ant Man, tim ini siap memperbaiki masa depan untuk mengembalikan lagi rekan-rekan superhero-nya.

Avengers: Endgame. (youtube/Marvel Entertainment)Avengers: Endgame. (youtube/Marvel Entertainment)

Tim Avengers ini awalnya memakai grandfather paradoks yang merupakan konsep paradoks paling populer. Grandfather paradoks berpendapat bila saat seseorang melakukan time travel ke masa lalu, maka masa depan tempatnya berada akan berubah.

Contohnya, saat kamu melakukan time travel ke masa kakekmu dan membunuhnya, maka keturunan sang kakek hingga ayahmu bahkan hingga dirimu di masa depan tidak akan pernah ada.

Dalam film Avengers: Endgame, War Machine memberikan saran agar tim Avengers ini kembali ke masa Thanos masih bayi untuk membunuhnya agar Thanos di masa depan tidak pernah lahir dan ada, persis seperti konsep grandfather paradoks.

Namun, teori ini dibantah keras oleh Tony Stark dan Bruce Banner. Menurut keduanya, time travel memang tidak berjalan semudah itu. Pasalnya, saat seseorang melakukan time travel, ada hukum fisika yang berlaku.

Avengers: Endgame. (youtube/Marvel Entertainment)Avengers: Endgame. (youtube/Marvel Entertainment)

Hal ini selaras dengan pendapat dua ahli fisika kuantum, Pieter Kok dan Matthew Szydagis. Keduanya berpendapat bahwa di setiap titik dalam lingkaran waktu, hukum fisika berlaku.

Berdasarkan pemaparan ini, Joe Anthony Russo dalam Avengers: Endgame mencoba memakai pemahaman lain terkait grandfather paradoks dan time travel, yaitu Many Worlds Theory yang digunakan oleh David Deutsch.

Many Worlds Theory ini berpendapat bahwa saat seseorang melakukan time travel, akan timbul realitas baru yang sama sekali tidak mengubah realitas yang sudah ada di masa kini. Pemahaman ini yang lalu digunakan oleh tim Avengers untuk memperbaiki segala hal yang sudah dihancurkan oleh Thanos.

Tim Avengers yang tersisa ini nantinya akan melakukan time travel melalui quantum realm, mengambil infinity stones, memperbaiki keadaan, dan mengembalikan kembali infinity stones tersebut ke tempat asalnya tanpa merubah banyak realitas yang sudah terjadi.

Avengers: Endgame. (youtube/Marvel Entertainment)Avengers: Endgame. (youtube/Marvel Entertainment)

Melewati quantum realm, tim Avengers ini akan berubah menjadi sangat kecil setara atom untuk menemukan jalan ke masa lalu. Salah satu masalah saat melewati quantum realm merupakan kamu tidak bisa tahu persis ke mana arah dan masa tersebut bergerak. Menangani masalah ini, Tony Stark menciptakan alat navigasi layaknya GPS untuk menentukan lokasi dan masa yang spesifik.

Hasil dari time travel yang dilakukan tim Avengers ini merupakan terciptanya dua realitas baru yang berjalan secara simultan. Hal ini mempunyai sedikit keterkaitan dengan paralel universe. Hanya saja realitas baru ini sama sekali tidak berpengaruh pada realitas masa kini.

Satu yang miss dari Avengers: Endgame ini ialah mengenai konsep time travel yang terlalu jauh dari masa mesin waktu diciptakan. Dalam film tersebut, tim Avengers kembali ke masa saat Captain America tertidur panjang.

Dianggap melompati rentan waktu yang terlalu jauh, adegan ini jelas membantah teori relativitas dari Albert Einstein. Einstein berpendapat kalau saat seseorang melakukan perjalanan melintasi waktu ke masa lalu, membutuhkan energi negatif fisik yang belum tentu ada. Jadi, bila terlalu jauh melompati waktu, tentu ada banyak kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Namun, entah dibuat untuk sengaja membantah grandfather paradoks atau apa, namun, dalam Avengers: Endgame ini konsep time travel menjadi realistis melalui Many Worlds Theory.

Comments