Spesies Baru Laba-Laba Pintu Jebakan Raksasa Ditemukan di Negeri Kangguru

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Spesies Baru Laba-Laba Pintu Jebakan Raksasa Ditemukan di Negeri Kangguru

Spesies Baru Laba-Laba Pintu Jebakan Raksasa Ditemukan di Negeri Kangguru

KEPONEWS.COM - Spesies Baru Laba-Laba Pintu Jebakan Raksasa Ditemukan di Negeri Kangguru Queensland Museum Network mengumumkan bahwa, para peneliti berhasil menemukan spesies baru laba-laba pintu jebakan "raksasa" yang sangat langka di Australia. Para ilmuwan menemukan spesie arachnida...

Queensland Museum Network mengumumkan bahwa, para peneliti berhasil menemukan spesies baru laba-laba pintu jebakan "raksasa" yang sangat langka di Australia.

Para ilmuwan menemukan spesie arachnida berukuran besar ini di Brigalow Belt, Queensland tengah dan menamainya Euplos dignitas .

Nama ini berasal dari bahasa Latin dignitas , yang berarti martabat atau keagungan. "Nama ini mencerminkan ukuran dan sifat laba-laba yang mengesankan," kata pihak museum dilansir dari CBS News.

Dr Michael Rix, seorang penulis studi dan kurator utama arachnologi di Queensland Museum Network, menyebut laba-laba tersebut hidup di tempat asal hutan terbuka dan membangun liang di tanah.

Spesies Baru Laba-Laba Pintu Jebakan Raksasa Ditemukan di Negeri Kangguru

Spesies ini ditemukan di beberapa lokasi di Eidsvold dan Monto, dua kota pedesaan di negara bagian Australia.

Para peneliti percaya bahwa mereka telah kehilangan sebagian besar habitatnya karena pembukaan lahan, yang kemungkinan besar membuat mereka menjadi spesies yang terancam punah.

Laba-laba jantan dari spesies ini mempunyai eksterior berwarna merah bata, sementara laba-laba betina mempunyai karapaks berwarna merah kecokelatan. Laba-laba betina dapat hidup lebih dari 20 tahun di alam liar dan tumbuh hingga berukuran 5 sentimeter, sementara laba-laba jantan dapat tumbuh hingga 3 sentimeter.

Dibandingkan dengan laba-laba pintu jebakan pada umumnya, yang hanya berukuran sekitar 1 cm hingga 2,5 cm, spesies baru ini tentu berukuran jauh lebih besar.

Nama laba-laba pintu jebakan didapatkan karena mereka sering membuat semacam palka untuk bersembunyi dari mangsanya. Laba-laba pintu jebakan secara tradisional mempunyai rentang hidup antara 5 hingga 20 tahun.

Sementara betina tinggal di dalam atau di dekat liang mereka, yang jantan akan pergi setelah dewasa dan mencari pasangan.

Follow Gosip Okezone di Google News

(dra)

image

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Comments