Sony Patenkan Dual GPU dan Cloud Gaming, untuk PS5 Pro?

Games

Updates / Games

Sony Patenkan Dual GPU dan Cloud Gaming, untuk PS5 Pro?

Sony Patenkan Dual GPU dan Cloud Gaming, untuk PS5 Pro?

KEPONEWS.COM - Sony Patenkan Dual GPU dan Cloud Gaming, untuk PS5 Pro? PlayStation 5 Digital Edition. (PlayStation) Meski baru saja meluncurkan PlayStation 5 atau PS5, Sony tidak berhenti mengembangkan teknologi baru untuk konsol...

PlayStation 5 Digital Edition. (PlayStation)

Meski baru saja meluncurkan PlayStation 5 atau PS5, Sony tidak berhenti mengembangkan teknologi baru untuk konsol game mereka nantinya.

Hal ini terlihat dari bocoran paten baru yang didaftarkan Sony terkait pemakaian GPU atau kartu grafis dan cloud gaming yang mirip dengan konfigurasi pada PC high end.

Diwartakan GSM Arena, ditemukan paten baru yang didaftarkan Sony mengungkap teknologi dual GPU. Teknologi yang sudah ada di PC dalam wujud SLI dari Nvidia dan CrossFire milik AMD.

Dalam paten ini ditunjukkan diagram bagaimana arsitektur dual GPU alias dua buah pengelola grafis. Bagaimana strukturnya dalam kerja dengan CPU memori controler dan RAM.

Setidaknya ada tiga model dual GPU yang didaftarkan Sony dalam paten ini. Yang pertama non-uniform memori access yang terlihat masing-masing CPU dan GPU mempunyai memori controler dan RAM sendiri.

Sedangkan diagram kedua, terlihat CPU dan GPU terpisah dalam dua die atau chip namun terhubung dalam satu memori controler untuk mengakses RAM.

Lalu pada diagram ketiga, terlihat "Extra die extra APU" adalah diduga Sony memasangkan CPU dan GPU tambahan yang menyokong kerja CPU dan GPU utama.

Sony daftarkan paten dual GPU, diduga untuk PS5 Pro. (Free Patens Online)Sony daftarkan paten dual GPU, diduga untuk PS5 Pro. (Free Patens Online)

Bocoran yang ada di paten ini diduga untuk mengamankan teknologi mereka pada konsol game baru setelah PlayStation 5. Adalah diduga sebagai PlayStation 5 Pro atau PS5 Pro.

Selain bocoran dual GPU, ada juga paten yang didaftarkan terkait sangkaan adanya dukungan cloud gaming. Namun seperti apa nantinya, masih belum begitu jelas.

Dalam diagram, terlihat ada perangkat elektronik lain yang dilengkapi GPS, kamera, bluetooth, kamera yang diduga sebagai smartphone atau perangkat mobile.

Perangkat mobile ini terhubung ke internet yang terkoneksi pada cloud. Isinya dalam cloud ini berupa medium dan prosesor, yang diduga mengarah pada cloud gaming.

Sony daftarkan paten cloud gaming. (Free Patens Online)Sony daftarkan paten cloud gaming. (Free Patens Online)

Dalam situs Free Patents Online, terlihat lebih luas paten cloud gaming yang didaftarkan Sony atas nama Roelof Roderick Colenbrander ini dipublikasikan pada 30 Juli 2020.

Terlihat diagram yang menghubungkan konsol game ke Cloud Gaming Management Server. Paten diagram ini memperlihatkan bagaimana persiapan Sony untuk masa depan.

Sony daftarkan paten cloud gaming. (Free Patens Online)Sony daftarkan paten cloud gaming. (Free Patens Online)

Namun perlu diingat, paten sering kali digunakan untuk mengamankan ide agar tidak didahului kompetitor. Belum tentu akan diimplementasikan untuk produk terbarunya.

Akankan Sony menyiapkan PS5 Pro dengan dual GPU dan Cloud Gaming seperti pada paten yang diajukan di atas. Atau untuk hal lain di laur konsol game mendatang?

Comments