Sony Kembangkan Teknologi Laser Pengenal Wajah, Lebih Akurat dari Face ID iPhone

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Sony Kembangkan Teknologi Laser Pengenal Wajah, Lebih Akurat dari Face ID iPhone

Sony Kembangkan Teknologi Laser Pengenal Wajah, Lebih Akurat dari Face ID iPhone

KEPONEWS.COM - Sony Kembangkan Teknologi Laser Pengenal Wajah, Lebih Akurat dari Face ID iPhone Teknologi pengenal wajah sudah umum disematkan banyak vendor smartphone sebagai salah satu fasilitas keamanan perangkat. Sony pun berencana mengembangkan teknologi tersebut menjadi lebih canggih denga...

Teknologi pengenal wajah sudah umum disematkan banyak vendor smartphone sebagai salah satu fasilitas keamanan perangkat.

Sony pun berencana mengembangkan teknologi tersebut menjadi lebih canggih dengan memanfaatkan laser.

Hal itu disampaikan kepala divisi sensor Sony, Satoshi Yoshihara. Ia mengatakan bahwa Sony akan memproduksi teknologi sensor 3D untuk kamera depan dan belakang.

Dengan mengandalkan teknologi sinar laser, teknologi ini bisa mengenali kontur dan bentuk dengan cara mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memantulkan hasil pindaian laser ke sensor penerima di ponsel.

Prinsip ini mirip dengan kemampuan ekolokasi pada kelelawar yang serupa sonar, adalah memancarkan gelombang suara lalu pantulan gelombang suara yang kembali, akan diterima dan diolah informasinya.

Sony Xperia XZ3 Resmi Muncul, Banderol di Kisaran Rp 13 Juta

Menurut Sony, metode baru ini akan bisa mengenali kebih banyak detail dari wajah pengguna dan bisa bekerja dari jarak sejauh lima meter.

"Kamera telah merevolusi ponsel, dan dari apa yang telah saya lihat, saya mempunyai ekspektasi yang sama akan sensor 3D. Kecepatannya akan berbeda tergantung bidang, tapi kami pasti akan mengadopsi 3D. Saya yakin akan hal itu," jelas Yoshihara.

Dijanjikan lebih akurat dari Face ID iPhone

Teknologi facial recognition atau pengenal wajah mulai populer setelah tersemat di iPhone X tahun 2017 lalu. Fasilitas Face ID memindai wajah dengan kamera "TruthDepth" yang memakai 30.000 titik infra merah dan gambar infra merah 2D untuk memetakan wajah pengguna.

Dirangkum dari Phone Arena, Kamis (3/1/2019), sensor yang dikembangkan Sony menjanjikan pemindaian lebih akurat dan nyata dibanding pemindai 3D di Face ID milik Apple yang kemudian diikuti vendor Android seperti Huawei dan Xiaomi.

Sony sangat berambisi membawa teknologi barunya ke konsumen. Perusahaan asal Jepang itu bahkan membuat situs khusus bernama "Sony Depthsensing Solutions".

Situs ini akan memberikan lebih banyak berita perihal teknologi sensor depth sensing besutan Sony dan bagaimana teknologi tersebut diimplementasikan ke mobil tanpa awak, drone, robot, dan sebagainya.

Sensor kamera 3D Sony dijadwalkan akan mulai dirilis sekitar pertengahan 2019 dan kemungkinan akan tersemat di beberapa smartphone flagship yang rilis akhir tahun ini.

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sony Kembangkan Teknologi Laser Pengenal Wajah untuk Ponsel"

Sony Kembangkan Teknologi Laser Pengenal Wajah, Lebih Akurat dari Face ID iPhone

Comments