Solusi Jitu Atasi Besarnya Pengeluaran yang Melebihi Gaji

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Solusi Jitu Atasi Besarnya Pengeluaran yang Melebihi Gaji

Solusi Jitu Atasi Besarnya Pengeluaran yang Melebihi Gaji

KEPONEWS.COM - Solusi Jitu Atasi Besarnya Pengeluaran yang Melebihi Gaji JAKARTA - Situasi di mana pengeluaran lebih besar atau lebih banyak dari pendapatan merupakan menandakan pengelolaan keuangan kamu tidak sehat. Apalagi kalau sudah berumah tangga, meskipun suami dan i...

JAKARTA - Situasi di mana pengeluaran lebih besar atau lebih banyak dari pendapatan merupakan menandakan pengelolaan keuangan kamu tidak sehat. Apalagi kalau sudah berumah tangga, meskipun suami dan istri bekerja, kadang kebutuhan keluarga masih belum bisa tercukupi atau selalu kurang.

Perencana Keuangan Ahmad Ghazali memberikan dua solusi supaya kebutuhan bisa tercukupi dari pendapatan yang diterima seriap bulan. Pertama, tambah penghasilan dengan mencari pekerjaan sampingan, kedua list pengeluaran apa saja yang tidak perlu.

Dia memaparkan bahwa dalam jangka pendek, mengurangi pengeluaran akan lebih mudah dilakukan. Tetapi dalam jangka panjang, harus ada upaya untuk terus menambah penghasilan. Karena pastinya keluarga selalu ingin kualitas hidup yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Menguat 14 Poin

Selain kedua hal itu, Ghazali menyarankan setiap keluarga untuk sering-sering memeriksa pengeluaran. Hal itu dinilai penting, bahkan bila perlu harus dicatat apa saja yang dibeli setiap harinya.

Menurutnya, dengan memeriksaan keuangan, seseorang akan mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai keuangan yang dimiliki. Dari situ, ia bisa menentukan langkah apa yang paling mendesak untuk dilakukan supaya keuangan pribadi sehat kembali.

Baca Selengkapnya: Suami-Istri Bekerja Tapi Pengeluaran Lebih Besar dari Gaji? Simak Solusinya

(dni)

Comments