Soal THR PNS, Kalla Minta Pemda Tak Boros Anggaran

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Soal THR PNS, Kalla Minta Pemda Tak Boros Anggaran

Soal THR PNS, Kalla Minta Pemda Tak Boros Anggaran

KEPONEWS.COM - Soal THR PNS, Kalla Minta Pemda Tak Boros Anggaran Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta pemerintah daerah tak perlu takut mencairkan tunjangan hari raya atau THR bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Menurut dia, kalau daerah merasa keberatan mencairkan THR...

Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta pemerintah daerah tak perlu takut mencairkan tunjangan hari raya atau THR bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menurut dia, kalau daerah merasa keberatan mencairkan THR dan gaji 13 perlu ada cara tertentu mencari slot anggaran lain untuk menggantikan.

Alasannya adalah ia meyakini, alokasi THR yang di dalamnya terdapat tunjangan kinerja merupakan belanja mengikat atau rutin.

"Kalau memang hanya THR tidak bisa dibayar, apalagi yang lain?" kata Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa 5 Juni 2018.

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) bergegas meninggalkan kompleks Balaikota di Jakarta.

Ia pun bilang, THR merupakan komponen wajib yang diberikan pemerintah kepada abdi negara. Daerah seharusnya mengusahakan pemberian tunjangan 'khusus' di hari raya itu dengan menghitung pos-pos anggaran yang dianggap kurang prioritas.

Lihat Juga

Kadin Imbau Pengusaha Bayar THR Dua Minggu Sebelum Lebaran

Kemendagri Minta Kepala Daerah Tak Takut Cairkan THR PNS

Kemendagri Bantah THR dan Gaji ke-13 Bebani APBD Pemda

Jenius, Cara Baru Kirim THR dengan Ucapan Animasi

Pemerintah Akan Beri Sanksi Perusahaan Tak Bayar THR

"Daerah harus menghemat, jangan banyak perjalanan dinas. Itu bisa dihemat biaya perjalanan dinas, biaya rapat atau biaya lain-lainnya. Itu sudah bisa bayar THR, kan tidak besar juga," ujar JK begitu sapaan akrabnya.

JK menambahkan, pemerintah daerah pun tak perlu mengeluh bila tak bisa membayarkan.

Semenjak diberlakukan sistem desentralisasi, daerah mestinya mandiri-mandiri mengelola keuangannya.

"Kalau semuanya pada mengeluh, ya buat apa ada otonomi? Otonomi itu kan maknanya agar mereka itu bisa mandiri," kata JK.



Comments