Soal Mitigasi Bencana, Jonan: Saya Minta Tidak Ada Ego

Nasional

News / Nasional

Soal Mitigasi Bencana, Jonan: Saya Minta Tidak Ada Ego

Soal Mitigasi Bencana, Jonan: Saya Minta Tidak Ada Ego

KEPONEWS.COM - Soal Mitigasi Bencana, Jonan: Saya Minta Tidak Ada Ego JAKARTA - Membuka Geoseminar bertajuk 'Taktik Mitigasi Gunungapi Anak Krakatau di Daerah Selat Sunda', Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Ignasius Jonan 'marah-marah'. Ia mengatakan bahw...

JAKARTA - Membuka Geoseminar bertajuk 'Taktik Mitigasi Gunungapi Anak Krakatau di Daerah Selat Sunda', Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Ignasius Jonan 'marah-marah'.

Ia mengatakan bahwa bencana geologi pada umumnya didominasi bencana yang muncul karena faktor alam. Namun, tentunya penanganan harus dilakukan secara cermat dan serius.

"Bencana geologi atau yang mayoritas bencana alam ini harus ditangani secara sungguh- sungguh," ujar Jonan, dalam acara yang digelar di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

Ia pun memaparkan bahwa semua pihak terkait, harus bersikap objektif dalam mengedepankan upaya mitigasi bencana untuk meminimalisir jumlah korban jiwa dan kerugian material yang ditimbulkan karena bencana tersebut.

"Objektifnya apa? Bukan kita bisa mencegah bencana geologi itu datang, karena hampir tidak ada bencana kegeologian yang bisa dicegah, yang bisa merupakan dimitigasi sehingga mengurangi korban jiwa dan material," jelas Jonan.

Mantan Menteri Perhubungan itu pun mengakui bahwa bencana alam yang terjadi di tanah air biasanya tidak bisa diprediksi.

Sehingga hal itu bisa menimbulkan korban jiwa yang lebih banyak, "Banyak bencana geologi yang timing nya tidak bisa diprediksi jauh-jauh hari secara akurat,".

Oleh karena itu ia meminta agar para peneliti maupun ahli yang bekerja pada lembaga yang terkait mitigasi bencana untuk tidak mengedepankan ego masing-masing.

Jonan menegaskan agar para ahli bisa memberikan pendapat mereka berdasar kepentingan bersama.

"Para Geolog dan Vulkanolog, sebagian (mengaku) membaca instrumen, sebagian gerakan tanah dan sebagainya, saya minta, tidak boleh ego-nya ego institusi," tegas Jonan.

Soal Mitigasi Bencana, Jonan: Saya Minta Tidak Ada Ego

Comments