Soal Cukai Plastik, Menteri Sri Mulyani: Kita Konsultasi Terus dengan Stakeholder

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Soal Cukai Plastik, Menteri Sri Mulyani: Kita Konsultasi Terus dengan Stakeholder

Soal Cukai Plastik, Menteri Sri Mulyani: Kita Konsultasi Terus dengan Stakeholder

KEPONEWS.COM - Soal Cukai Plastik, Menteri Sri Mulyani: Kita Konsultasi Terus dengan Stakeholder JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa, pihaknya saat ini terus menggodok kebijakan cukai plastik yang nantinya akan diterapkan. "Cukai plastik ya kan itu sudah di...
Loading...

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa, pihaknya saat ini terus menggodok kebijakan cukai plastik yang nantinya akan diterapkan.

"Cukai plastik ya kan itu sudah dimandatkan di dalam UU dan kita konsultasi terus dengan banyak sekali stakeholder," ujarnya di Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Siap-Siap, Belanja di Pasar Tradisional Dilarang Pakai Kantong Plastik

Dia memaparkan, dirinya melihat implementasinya terutama dikaitkan dengan peraturan per UU nya maupun dari sisi pelaksanaanya.

"Sehubungan juga dengan banyaknya Pemda-Pemda yang sekarang ini juga sudah mulai melakukan Perda untuk mengurangi plastik. Jadi nanti kita koordinasikan bagaimana pelaksanaannya," ungkap dia.

sri mulyani

Sebelumnya, kebijakan melarang penggunaan kantong plastik ke depannya secara bertahap juga akan menyasar hingga ke pasar-pasar tradisional, tetapi untuk saat ini masih dimulai penerapannya di sejumlah pusat perbelanjaan ritel modern.

"(Kebijakan larangan penggunaan plastik) akan secara bertahap, pasti masuk ke pasar-pasar tradisional," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Rosa Vivien Ratnawati.

(kmj)

Comments