Skandal pelecehan seks Polandia: Kisah mereka yang menjadi korban para pastor saat anak-anak

Internasional

News / Internasional

Skandal pelecehan seks Polandia: Kisah mereka yang menjadi korban para pastor saat anak-anak

Skandal pelecehan seks Polandia: Kisah mereka yang menjadi korban para pastor saat anak-anak

KEPONEWS.COM - Skandal pelecehan seks Polandia: Kisah mereka yang menjadi korban para pastor saat anak-anak Marek Mielewczyk merupakan anak laki-laki berumur 13 tahun yang membantu kegiatan di gereja ketika seorang pastor memintanya untuk datang ke pastoran. "Di situlah tempat dimana saya pertama kali dilec...

Marek Mielewczyk merupakan anak laki-laki berumur 13 tahun yang membantu kegiatan di gereja ketika seorang pastor memintanya untuk datang ke pastoran.

"Di situlah tempat dimana saya pertama kali dilecehkan," katanya.

Dia ialah salah satu dari sejumlah korban, mereka sekarang telah menjadi dewasa, yang muncul di sebuah film dokumenter perihal para pastor Polandia yang melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Film Tomasz dan Marek Sekielski, Don't Tell Anyone, telah ditonton 20 juta kali pada minggu pertama disebarkan melalui internet. Untuk pertama kalinya sikap Gereja Katolik Roma Polandia dipertanyakan.

Lebih dari 90% orang Polandia menyatakan diri sebagai penganut Katolik. Bagi kebanyakan dari mereka, Gereja dan ritualnya bukan hanya memberikan kenyamanan spiritual, tetapi juga merupakan bagian dari jati diri nasional.

Hal ini dapat memaparkan mengapa orang Polandia lambat dalam mempertanyakan tingkah laku sebagian pastor mereka, meskipun telah terjadi skandal seks di Gereja Katolik Irlandia, AS dan negara tetangga Jerman.

Monika, 28 tahun, tidak muncul di film. Tetapi dia menceritakan kepada BBC perihal pelecehan yang dia alami selama bertahun-tahun saat para pastor melakukan upacara pengusiran setan di Polandia ketika dirinya masih remaja.

uskup PolandiaAFP Bulan lalu uskup Polandia melakukan misa khusus saat melakukan pengkajian pengaruh skandal seks.

Orang tuanya memandang pastor "sebagai pahlawan, orang yang berperang melawan setan" - tetapi dia meyakini dirinya dimanipulasi.

Gereja Katolik membela budaya, bahasa dan identitas Polandia saat negara itu diduduki tiga kekaisaran pada abad ke-19.

Setelah Perang Dunia Kedua, Gereja - lewat Paus Johanes Paulus II yang berasal dari Polandia - menyokong gerakan demokratis Solidaritas dan membantu penggulingan kekuasaan komunis.

Comments