Sirkulasi Udara dan Suhu Kabin Sebabkan Pendingin Udara Mobil Tak Maksimal

Otomotif

News / Otomotif

Sirkulasi Udara dan Suhu Kabin Sebabkan Pendingin Udara Mobil Tak Maksimal

Sirkulasi Udara dan Suhu Kabin Sebabkan Pendingin Udara Mobil Tak Maksimal

KEPONEWS.COM - Sirkulasi Udara dan Suhu Kabin Sebabkan Pendingin Udara Mobil Tak Maksimal JAKARTA - Komponen pendingin udara pada mobil sangat diandalkan untuk meningkatkan kenyamanan pengendara, utamanya ketika cuaca terik. Sayangnya tidak jarang sistem ini tidak bekerja maksimal saat dib...

JAKARTA - Komponen pendingin udara pada mobil sangat diandalkan untuk meningkatkan kenyamanan pengendara, utamanya ketika cuaca terik. Sayangnya tidak jarang sistem ini tidak bekerja maksimal saat dibutuhkan, walaupun sudah dinyalakan dengan posisi indikator berada di titik maksimal.

Kondisi ini rupanya dipengaruhi oleh temperatur udara luar, yang berimbas pada kondisi serta sirkulasi udara dalam kabin. Utamanya, saat pemilik kendaraan menaruh mobilnya pada posisi parkir yang menyebabkan mobilnya terkena cahaya matahari dalam jangka waktu cukup lama.

Mobil

Terdapat langkah sederhana yang bisa dilakukan oleh pengendara untuk mengembalikan performa pendingin udara, sehingga bekerja secara maksimal. Adalah, menormalkan sirkulasi udara dalam kendaraan dengan membuka jendela secukupnya selama beberapa saat, lebih bagus dilakukan sambil berkendara.

Sembari tetap menyalakan pendingin udara sembari berkendara, peredaran udara dalam kabin akan terganti berkat celah yang terbuka. "Dampaknya terasa juga dengan penurunan suhu udara dalam kabin, sehingga pendingin udara tidak bekerja terlalu keras," ujar Technical Service Division Head, PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi.

Selanjutnya

Comments