Sinopsis Film SARA, Angkat Kisah Transpuan yang Dibintangi Asha Smara Darra

Music - Movies - TV

Updates / Music - Movies - TV

Sinopsis Film SARA, Angkat Kisah Transpuan yang Dibintangi Asha Smara Darra

Sinopsis Film SARA, Angkat Kisah Transpuan yang Dibintangi Asha Smara Darra

KEPONEWS.COM - Sinopsis Film SARA, Angkat Kisah Transpuan yang Dibintangi Asha Smara Darra Isu transpuan bagi sebagian besar orang mungkin masih dianggap tabu. Tapi tidak demikian dengan Ismail Basbeth, yang bisa mengemasnya menjadi film dengan menonjolkan sisi kemanusiaan....

Isu transpuan bagi sebagian besar orang mungkin masih dianggap tabu. Tapi tidak demikian dengan Ismail Basbeth, yang bisa mengemasnya menjadi film dengan menonjolkan sisi kemanusiaan.

Bahkan kisah hidup seorang transpuan dalam film garapannya bisa go internasional dan tayang di Busan International Film Festival 2023 pada Oktober kemarin. Sinopsis film SARA yang mengusung genre drama berkisah perihal transpuan yang menghadapi dilema ketika harus pulang ke rumahnya di desa.

Meski jadwal tayangnya di bioskop belum diumumkan tapi tak ada salahnya untuk mengintip sinopsis film SARA yang dibintangi oleh Asha Smara Darra, berikut ini.

1. Sinopsis Film SARA

Sinopsis Film SARA. (Instagram/ismailbasbeth)Sinopsis Film SARA. (Instagram/ismailbasbeth)

SARA bercerita wacana kisah hidup transpuan bernama Sara yang kini berusia 35 tahun. Sudah hampir 20 tahun meninggalkan desa tempat kelahirannya, Sara akhirnya harus kembali pulang ke rumah orang tuanya.

Tapi jalannya untuk pulang ke rumah tidaklah mudah karena desa tempat tinggal sangat konservatif. Sara yang harus pulang dalam keadaan sudah menjadi wanita pun menanggung dilema yang sangat besar. Meski begitu dirinya tak punya pilihan selain pulang, karena kabar meninggalnya sang ayah.

Masalah semakin runyam saat Sara sadar bila ibunya, Muryem ternyata mengidap demensia dan tidak mengenalnya. Dalam ingatan Muryem, dirinya hanya punya seorang putra yang bernama Panca, sosok Sara sebelum memutuskan jadi transpuan. Di lain sisi, Muryem terus mencari keberadaan suaminya yang sudah meninggal.

Tak tega dengan kondisi ibunya yang terus mencari keberadaan suaminya, Sara dengan berat mengambil keputusan atas nama bakti kepada orang tua. Sara memantapkan hatinya menjalani peran dari sosok yang paling dibencinya yaitu sang ayah. Kebencian itu lantaran ayahnyalah yang sudah membuat Sara meninggalkan rumah dan keluarganya.

2. Daftar Pemain Film SARA

Sinopsis Film SARA. (Instagram/ceritafilmsara)Sinopsis Film SARA. (Instagram/ceritafilmsara)

Ismail Basbeth menggandeng sederet nama artis papan atas Indonesia untuk membintangi film garapannya. Ia bahkan memilih Asha Smara Darra yang dulu dikenal sebagai Oscar Lawalata sebagai pemain utama. Karakter transpuan yang diperankan oleh Asha menjadi daya tarik tersendiri bagi film SARA. Nah, ini dia daftar pemain film SARA.

Asha Smara Darra sebagai Sara

Christine Hakim sebagai Muryem, ibunda Sara

Mian Tiara sebagai Ayu, sahabat masa kecil Sara

Jajang C. Noer sebagai Saidah, ibunda Ayu

Landung Simatupang sebagai Ustaz Said, sahabat ayah Sara

3. Fakta Menarik Film SARA

Sinopsis Film SARA. (Instagram/ceritafilmsara)Sinopsis Film SARA. (Instagram/ceritafilmsara)

Fakta menarik dari film SARA yang pertama tentunya bahwa pemeran utama film ini merupakan seorang transpuan yaitu Asha Smara Darra. Sudah diketahui umum kalau, Asha Darra yang dulu dikenal dengan nama Oscar telah resmi menjadi perempuan dan diakui statusnya secara hukum.

Selanjutnya, SARA menjadi film perdana Asha Smara Darra setelah 18 tahun vakum. Film terakhir yang dibintangi Asha merupakan Banyu Biru yang tayang pada tahun 2005 silam. Kala itu, Asha masih memakai nama lahirnya yaitu Oscar Lawalata.

Fakta ketiga ialah bahwa berkat film SARA, Asha Smara Darra menjadi transpuan pertama yang masuk nominasi sebagai Aktris terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia 2023. Selain itu, SARA juga meraih nominasi Aktris Pendukung terbaik untuk Christine Hakim.

Walau mengangkat isu wacana transpuan, tapi SARA menekankan isu kemanusiaan. Perihal usaha mereka yang harus pergi jauh namun akhirnya tetap kembali ke rumah tempat pulang. Selain Busan International Film Festival, SARA juga tayang di Mumbai Film Festival dan Jogja-NETPAC Asian Film Festival. Jadi makin nggak sabar nunggu SARA tayang di bioskop!

Kontributor : Safitri Yulikhah

Comments