Sinkhole Misterius Menyebabkan Air Terjun Terbesar di Ekuador Hilang dalam Semalam

Unik

Ragam / Unik

Sinkhole Misterius Menyebabkan Air Terjun Terbesar di Ekuador Hilang dalam Semalam

Sinkhole Misterius Menyebabkan Air Terjun Terbesar di Ekuador Hilang dalam Semalam

KEPONEWS.COM - Sinkhole Misterius Menyebabkan Air Terjun Terbesar di Ekuador Hilang dalam Semalam Air Terjun San Rafael, salah satu daya tarik wisata paling populer di Ekuador menghilang setelah sinkhole yang misterius mengalihkan Sungai Coca yang mengalir deras menjadi tiga peredaran kecil. Seba...

Air Terjun San Rafael, salah satu daya tarik wisata paling populer di Ekuador menghilang setelah sinkhole yang misterius mengalihkan Sungai Coca yang mengalir deras menjadi tiga peredaran kecil.

Sebagai bagian dari Taman Nasional Cocambe Cayambe, di hutan hujan Amazon Ekuador, Air Terjun San Rafael dilaporkan menarik perhatian puluhan ribu wisatawan setiap tahun. Namun, itu semua di masa lalu.

Kini, Air terjun setinggi 150 meter yang mengesankan berhenti mengalir pada tanggal 2 Februari lalu, setelah sebuah sinkhole misterius terbentuk di sungai yang mendorongnya, mengubah air menjadi tiga peredaran kecil.

Semua pariwisata ke situs telah ditutup dan air terjun bahkan tidak muncul di situs web perjalanan resmi Ekuador lagi.

Sayangnya, Cascada San Rafael sekarang menjadi bagian dari sejarah dan tidak akan kembali, kata seorang pejabat Ekuador. Itu merupakan akhir yang cukup mengejutkan untuk apa yang dulunya merupakan air terjun terbesar di Amerika Selatan.

Penyebab munculnya sinkhole masih belum jelas , dan keputusan cepat Pemerintah untuk menutup air ternjun hanya memicu desas-desus bahwa pembangunan hyrdoplant di Sungai Coca yang harus disalahkan.

Air terjun yang telah ada di sana selama ribuan tahun tidak runtuh, secara kebetulan, beberapa tahun setelah membuka proyek pembangkit listrik tenaga air, Emilio Cobo, koordinator Program Air Amerika Selatan di Uni Internasional untuk Konservasi Alam, mengatakan kepada Mongabay. Ini ialah proses yang ada dalam makalah ilmiah dan ada bukti yang cukup bahwa bendungan dapat menyebabkan efek jenis ini di sungai.

Namun, ahli geologi seperti Alfredo Carrasco mengatakan bahwa air terjun itu terletak di daerah aktivitas vulkanik, sehingga kemungkinan keruntuhannya ialah fenomena alam, meskipun tidak pernah dicatat dalam sejarah Ekuador.

Meskipun sungai masih mengalir di bawah lengkungan yang selamat dari keruntuhan tanah, dilihat dari tempat di mana dulu difoto, Air Terjun San Rafael sebenarnya telah menghilang.(yn)

Sumber: odditycentral

Video Rekomendasi:

Comments