Sikarak-karak Sagu, Martabaknya Orang Mentawai

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Sikarak-karak Sagu, Martabaknya Orang Mentawai

Sikarak-karak Sagu, Martabaknya Orang Mentawai

KEPONEWS.COM - Sikarak-karak Sagu, Martabaknya Orang Mentawai MENTAWAI Sumatera Barat memang mempunyai pesona yang unik mulai dari budaya, alam dan lautnya, namun akan tak berasa di Mentawai kalau tidak merasakan kulinernya. Sebagian warga Mentawai sagu masih me...
Loading...

MENTAWAI Sumatera Barat memang mempunyai pesona yang unik mulai dari budaya, alam dan lautnya, namun akan tak berasa di Mentawai kalau tidak merasakan kulinernya.

Sebagian warga Mentawai sagu masih menjadi makanan pokok mereka yang sudah diwariskan oleh leluhur mereka, meski sebagian sudah beralih ke nasi. Namun ada hal yang menarik. Sagu tidak hanya diolah seperti pada umumnya yang menjadi menu utama, namun sagu juga bisa diolah menjadi makanan ringan.

Meski sudah banyak sagu dijadikan makanan tapi tak salah kalau sagu diolah menjadi martabak. Martabak ala Mentawai ini hanya memakai beberapa bahan, kelapa yang sudah diparut, sagu sebagai bahan utama, ditambah gula dan garam secukupnya serta wadah.

Cara membuatnya juga sangat mudah tepung sagu yang digotjai atau sudah disaring biar lebih halus kemudian dicampur dengan kelapa yang sudah diparut ditambah garam secukupnya kemudian diaduk. "Jikalau sagu sudah disaring kemudian dicampur kelapa, garam, gula" katanya.

(:Jenis Kecoa Ini yang Dipilih Ilmuwan untuk Menciptakan Tepung Kecoa yang Fenomenal)

(10 Wanita Tercantik di Dunia, Nomor 1 dari Asia Tenggara)

(13 Takhayul Korea yang Masih Dipercaya, Beberapa Mirip di Indonesia)

Sebelum menaruh sagu, wadah dipanaskan dulu, kalau sudah panas sagu yang sudah dicampur kelapa ditabur ke dalam wadah setebal setengah sentimeter. Kemudian dipanaskan tapi ingat jangan memakai api yang besar.

"Setelah sagu itu setengah matang kemudian tabur gula secukupnya di atas sagu yang sudah masak setengah matang, kemudian wadah ditutup, tunggu sekira lima menit jadilah martabak sagu yang siap untuk dimakan," katanya.

Rasa yang gurih sedikit asin dan manis menjadi makanan yang sangat nikmat, cara membuatnya juga mudah.

(ndr)

Comments