Siapakah para pelaku penembakan massal di masjid Selandia Baru?

Internasional

News / Internasional

Siapakah para pelaku penembakan massal di masjid Selandia Baru?

Siapakah para pelaku penembakan massal di masjid Selandia Baru?

KEPONEWS.COM - Siapakah para pelaku penembakan massal di masjid Selandia Baru? Kepolisian Selandia Baru mengatakan empat orang yang diduga terlibat dalam serangan massal di dua masjid kota Christchuch diyakini mempunyai pandangan ekstrem. Empat orang yang diciduk tidak lama sete...

Kepolisian Selandia Baru mengatakan empat orang yang diduga terlibat dalam serangan massal di dua masjid kota Christchuch diyakini mempunyai pandangan ekstrem.

Empat orang yang diciduk tidak lama setelah serangan pada Jumat (15/03) terdiri dari tiga laki-laki dan seorang perempuan. Salah seorang di antara mereka kemudian dibebaskan.

"Kami belum mengetahui apakah ada orang lainnya (yang terlibat), namun kami tidak bisa berasumsi tidak ada lainnya yang berkeliaran...Jangan berasumsi bahwa bahaya telah lenyap," kata Kepala Kepolisian Selandia Baru, Mike Bush.

Dikatakannya seorang pria telah dikenai dakwaan pembunuhan dan akan dihadirkan ke pengadilan pada Sabtu besok (16/03).

'Menentang ideologi kaum pendatang'

Seorang terduga diketahui sebagai warga negara Australia bernama Brenton Tarrant.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyebut terduga sebagai "teroris bengis, sayap kanan, ekstrem".

Di sosmed, ia sebelumnya mengunggah manifesto dukungan terhadap supremasi kulit puluh dan menentang ideologi kaum imigran.

Ia merekam aksinya lewat layanan streaming atau siaran langsung di Facebook. Ia memperingatkan akan adanya serangan tersebut.

Polisi Selandia BaruEPA Aparat keamanan mengamankan area di sekitar Masjid Al Noor.

Aparat keamanan memeriksa satu rumah di kota Dunedin dan menyebutnya sebagai "lokasi penting sehubungan dengan insiden penembakan serius di Christchurch".

Warga di sekitar tempat itu dievakuasi dan ditempatkan di akomodasi sementara setelah daerah tersebut ditutup. Kepolisian juga menemukan sejumlah peledak di mobil milik salah seorang terduga.

Penembakan pertama terjadi di Masjid Al Noor di dekat Hagley Park. Pelaku mengenakan pakaian ala militer membuka tembakan ke arah sekitar 300 jamaah yang menunaikan salat Jumat.

Penembakan kedua terjadi di masjid yang terletak di Linwood di pinggiran kota Christchuch. Tercatat 49 orang meninggal dunia dan 20 lainnya mengalami cedera, termasuk dua warga negara Indonesia.

Sejauh ini semua masjid di Selandia Baru diminta ditutup untuk sementara waktu.

Comments