Siapa Saja yang Harus Lakukan Isolasi Diri di Rumah?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Siapa Saja yang Harus Lakukan Isolasi Diri di Rumah?

Siapa Saja yang Harus Lakukan Isolasi Diri di Rumah?

KEPONEWS.COM - Siapa Saja yang Harus Lakukan Isolasi Diri di Rumah? Saat ini program physical distancing atau isolasi mandiri di rumah tengah menjadi program yang dicanangkan pemerintah. Isolasi mandiri dinilai menjadi kunci untuk mencegah dan mengendalikan virus coro...

Saat ini program physical distancing atau isolasi mandiri di rumah tengah menjadi program yang dicanangkan pemerintah. Isolasi mandiri dinilai menjadi kunci untuk mencegah dan mengendalikan virus corona COVID-19.

Seperti diketahui virus corona COVID-19 menular dari manusia yang menjadi sumber kepada orang lain yang rentan. Oleh karena itu pasien yang sakit harus dilakukan pemisahan. Hal ini yang disebut dengan karantina atau lebih dikenal dengan isolasi.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan virus corona COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan isolasi diri sangat penting dilakukan saat ini. Ia pun memaparkan siapa saja orang yang wajib mengisolasi diri di tengah pandemi COVID-19.

Juru Bicara Penanganan COVID-19

Yang pasti orang yang sakit. Bisa didapatkan dengan tiga cara adalah manakala dari pemeriksaan swab kita temukan virusnya. Berarti mereka sakit. Artinya mereka pasti menular. Kemudian berdasarkan hasil rapid test hasilnya positif, maka mereka kami yakini sakit, terang Yuri saat siaran langsung di Gedung BNPB, Senin (6/4/2020).

Syarat yang ketiga bisa dilakukan dengan keluhan seperti COVID-19. Ciri yang paling banyak ditimbulkan ialah panas disertai batuk, serta napas yang tidak nyaman. Kalau gejala ini muncul maka dianggap sebagai orang yang mungkin sakit.

Nah yang paling banyak merupakan orang yang tanpa keluhan (OTG). Ini yang harus diwaspadai. Sebaiknya kalau saat ini ada orang yang mengalami keluhan, makanya wajib melakukan isolasi diri. Isolasi diri tidak dimaknai dengan mengasingkan diri. Pasalnya isolasi ini sifatnya isolasi fisik bukan isolasi sosial, lanjut Yuri.

(hel)

Comments