Siapa Bilang Gaji Harian Tak Bisa Menabung? Ini Tipsnya

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Siapa Bilang Gaji Harian Tak Bisa Menabung? Ini Tipsnya

Siapa Bilang Gaji Harian Tak Bisa Menabung? Ini Tipsnya

KEPONEWS.COM - Siapa Bilang Gaji Harian Tak Bisa Menabung? Ini Tipsnya JAKARTA - Mungkin banyak dari kita yang sulit menyisihkan gaji, untuk kebutuhan sehari-hari sekaligus menabung. Apalagi untuk pekerja yang penghasilannya harian seperti pengemudi ojek online atau driv...

JAKARTA - Mungkin banyak dari kita yang sulit menyisihkan gaji, untuk kebutuhan sehari-hari sekaligus menabung. Apalagi untuk pekerja yang penghasilannya harian seperti pengemudi ojek online atau driver online.

Kebanyakan kasus, mereka yang digaji dengan sistem gaji harian hanya memikirkan pengeluaran saja, tapi tidak diikuti dengan menabung.

Milenial Harus Punya 3 Kemampuan Ini kalau Ingin Investasi

Padahal, mengelola keuangan yang sehat diikuti dengan kegiatan menabung. Dengan demikian, menyisihkan uang untuk kebutuhan pun akan terasa mudah dilakukan.

Perencana Keuangan Eko Indarto mengatakan, hal itu sangat bisa dilakukan, jikalau kita bisa memperhatikan 4 sisi prioritas, terutama biaya konsumsi.

nabung

"Orang yang penghasilannya tidak tetap sangat bisa melakukan kegiatan menabung dan memenuhi kebutuhan sehari-hari, asal mendahulukan biaya konsumsi karena itu yang paling utama," ujar Eko kepada Okezone, Jakarta, Sabtu (12/10/2019).

Sebelum Putuskan Pakai Kartu Kredit, Perhatikan 5 Hal Ini

Menurut Eko, Biaya konsumsi didahulukan karena kita semua butuh makan. Dia juga memaparkan bahwa seharusnya pekerja sudah bisa membedakan mana keinginan dan kebutuhan agar kita tidak selalu memikirkan keinginan melainkan mendahulukan kebutuhan.

"Gaya hidup juga bisa mempengaruhi banyaknya keinginan, maka kita harus tahu betul mana kebutuhan dan mana keinginan. Jangan sampai kebutuhan kita yang justru terbengkalai," ujar Eko.

(kmj)

Comments