Siapa Berani Mendaki 7 Puncak Gunung Ini?

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Siapa Berani Mendaki 7 Puncak Gunung Ini?

Siapa Berani Mendaki 7 Puncak Gunung Ini?

KEPONEWS.COM - Siapa Berani Mendaki 7 Puncak Gunung Ini? SEVEN Summits di Sembalun berdiri perkasa. Menatap dan mengawasi siapa saja yang melintas di liukkan jalan aspal di bawahnya. Selepas dari turunan Pusuk ( Puncak) Sembalun dan tiba di daerah dataran,...

SEVEN Summits di Sembalun berdiri perkasa. Menatap dan mengawasi siapa saja yang melintas di liukkan jalan aspal di bawahnya.

Selepas dari turunan Pusuk ( Puncak) Sembalun dan tiba di daerah dataran, di kiri kanan terpampang tujuh puncak gunung tersebut. Wilayah Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat itu persis wajan penggorengan.

Wisata Gunung Pancar, Tempat Liburan Favorit Warga Ibu Kota di Akhir Pekan

Saat awan putih menyibak seven summits, seolah-olah mengajak para penghobi wisata minat khusus untuk menapakinya. Menapaki sebagai alternatif pendakian Gunung Rinjani.

Ketujuh puncak itu, adalah, Gunung Rinjani (3.726 Meter di atas permukaan laut (Mdpl)), Bukit Sempana (2.329 Mdpl), Bukit Lembah atau Gedong (2.200 Mdpl), Bukit Kondo (1.937 Mdpl), Bukit Anak Dara (1.923 Mdpl), Bukit Pergasingan (1.806 Mdpl) dan Bukit Baon Ritif (1.500 Mdpl).

ilustrasi

Gunung Rinjani (Okezone)

Seven Summits saat ini menjadi salah satu destinasi layak dikunjungi bagi kalangan pecinta wisata minat khusus pendakian gunung. Tentunya harus tetap mengedepankan protokoler kesehatan COVID-19.

Ide Seven Summits ini, tercetuskan oleh Komite Sembalun Seven Summits (S7S) yang merupakan kumpulan pemuda dan pelaku wisata petualangan yang berdomisili di Sembalun. Launching sendiri telah dilakukan semenjak 25 Oktober 2020.

Hamka Abdul Malik, salah satu pionir Komite Sembalun Seven Summits menyatakan konsep wisata pendakian ini menyasar sasaran wisatawan yang suka berpetualang dan suka akan tantangan.

Adapun ide dan gagasan Sembalun Seven Summits terinspirasi dari konsep tujuh puncak gunung tertinggi di dunia (Word Seven Summits) dan Indonesia.

"Ini murni ide dan gagasannya dari kami masyarakat lokal, ya bisa dibilang Sembalun Seven Summits ini produk lokal," katanya.

7 Spot Wisata Gunung Gede Pangrango, Pemandangannya Menakjubkan!

Di mana, kata dia, ketujuh puncak tertinggi di daerah Sembalun ini, mempunyai potensi tantangan wisata pendakian yang sulit dicari tandingannya, sejarah letusan Gunung Sembalun purba dan Gunung Samalas telah meninggalkan karakter unik geologi di daerah Sembalun yang menarik untuk dikemas dalam konsep wisata pendakian yang menjadi bagian dari "Sport Tourism".

"Intinya ketujuh puncak bukit yang paling tinggi itu, mudah di akses dari Sembalun walaupun di antara bukit itu berada di luar wilayah Sembalun," katanya.

Tujuan dari konsep Sembalun Seven Summits itu sendiri adalah, guna untuk membangkitkan pariwisata di Sembalun, setelah dampak gempa dan pandemi COVID-19, juga memanfaatkan potensi perbukitan yang ada di Sembalun. Karena perbukitan-perbukitan yang ada di Sembalun ini membentuk suatu tantangan yang unik, termasuk Rinjani.

Selain itu, untuk menyejahterakan masyarakat Sembalun dan sekitarnya, serta untuk memacu roda perekonomian masyarakat dari sektor parwisata. Dan menjadi salah satu alternatif bagi para wisatawan bila Rinjani ditutup, katanya.

Lebih lanjut, Hamka, mengatakan, konsep Sembalun Seven Summits ini, memberikan pengakuan dan penghargaan kepada siapa saja yang sudah pernah menggapai ketujuh puncak bukit tertinggi di Sembalun termasuk Rinjani.

Comments