Siap Susul China, India Akan Kirim Astronot ke Luar Angkasa

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Siap Susul China, India Akan Kirim Astronot ke Luar Angkasa

Siap Susul China, India Akan Kirim Astronot ke Luar Angkasa

KEPONEWS.COM - Siap Susul China, India Akan Kirim Astronot ke Luar Angkasa Pengiriman manusia ke luar angkasa saat ini terbatas hanya pada program dari tiga negara, mencakup Amerika Serikat, Rusia, dan China yang kini bergabung di abad ke-21. Kini India bersiap menyusul se...

Pengiriman manusia ke luar angkasa saat ini terbatas hanya pada program dari tiga negara, mencakup Amerika Serikat, Rusia, dan China yang kini bergabung di abad ke-21.

Kini India bersiap menyusul sebagai negara keempat yang akan mengirim manusia ke luar angkasa.

Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO), telah membeberkan rencananya untuk membuat stasiun luar angkasa dan bahkan pendaratan manusia ke Bulan.

ISRO berharap bahwa perjalanan panjang menuju tujuan tersebut dapat dimulai dengan program misi berawak pertamanya, yang disebut Gaganyaan (bahasa Sansekerta yang berarti kendaraan langit).

Heboh Kotak Berisi Bayi Hanyut di Sungai Gangga, Ditemukan Tukang Perahu

India telah mengirim empat calon penjelajah luar angkasa pertamanya untuk menghabiskan waktu sekitar satu tahun di Rusia.

Hal ini untuk membiasakan diri dengan kapsul Soyuz lama dan mensimulasikan kondisi penerbangan luar angkasa di ruang bertekanan.

Roket Rusia, yang membawa kapsul Soyuz MS-16 berisi astronot Amerika Serikat dan dua kosmonot Rusia, meluncur pada 9 April 2020. [AFP/Roscosmos]Roket Rusia, yang membawa kapsul Soyuz MS-16 berisi astronot Amerika Serikat dan dua kosmonot Rusia, meluncur pada 9 April 2020. [AFP/Roscosmos]

Tak hanya itu, India juga menggandeng Prancis untuk memastikan calon astronotnya dalam keadaan sehat.

Prancis mempunyai banyak pengetahuan kedokteran luar angkasa yang telah diterapkan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

ISRO berharap kemitraan internasional semacam itu akan membantu membangun teknologi yang dibutuhkan untuk mengirim manusia dalam jangka panjang.

NASA Akan Luncurkan Satelit Pelacak Bencana dan Perubahan Iklim Bumi

Namun, jadwal peluncuran Gaganyaan sendiri masih tidak jelas karena pandemi Covid-19 yang melanda India.

Comments