Siap-siap Menikmati Kuliner Lezat Nusantara di Bulan Mei

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Siap-siap Menikmati Kuliner Lezat Nusantara di Bulan Mei

Siap-siap Menikmati Kuliner Lezat Nusantara di Bulan Mei

KEPONEWS.COM - Siap-siap Menikmati Kuliner Lezat Nusantara di Bulan Mei Seperti Sate Maranggi Tukang Masak dan Sate Klatak Mas Tanto. Sebanyak 10 pengusaha masakan muda untuk pertama kalinya dihadirkan di salah satu festival masakan terbesar Tanah Air, Festival Jajanan Ba...

Seperti Sate Maranggi Tukang Masak dan Sate Klatak Mas Tanto.

Sebanyak 10 pengusaha masakan muda untuk pertama kalinya dihadirkan di salah satu festival masakan terbesar Tanah Air, Festival Jajanan Bango (FJB) 2017 pada 6-7 Mei 2017 di ICE BSD, Tangerang.

Untuk diketahui, perhelatan FJB sebelumnya hanya menghadirkan para legenda masakan yang sudah berkiprah belasan hingga puluhan tahun di bidangnya. Keikutsertaan wajah-wajah baru di festival ini ialah dalam rangka regenerasi untuk menjaga keberadaan masakan Nusantara di kalangan muda di tengah pengaruh arus global.

"Regenerasi diharapkan apalagi di era globalisasi seperti ini. Kita punya banyak pengaruh dari luar yang bikin kita harus tetap berkompetisi untuk tetap menjadi primadona," ujar Kaninia Radiatni, Senior Brand Manager Kecap Bango ketika jumpa pers di daerah Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 7 Maret 2017.

Wajah-wajah baru di FJB tersebut berasal dari beberapa daerah di Tanah Air, sepertiBandung, Yogyakarta, Solo, Klaten, Surabaya, Malang, Payakumbuh, Palembang hingga Ambon. Mereka akan hadir mewakili lima kategori makanan yang dianggap mewakili masakan Indonesia, sepertisate, nasi, kuah, aneka bakaran dan camilan.

Menurut Arie Parikesit, pengamat dan penggiat komunitas pelestarian masakan Nusantara, meskipun beragam jenis makanan berdatangan dari luar Indonesia, anak muda Tanah Air justru masih lebih menyukai makanan lokal.

"Sekarang ternyata anak muda lagi suka masakan asli Nusantara meski banyak godaan makanan lain. Waktu kelana rasa, banyak anak muda yang menjadikan masakan Nusantara sebagai inspirasi masakan mereka," kata Arie.

Namun, untuk ketika ini, 10 wajah baru terpilih tersebut harus melewati serangkaian penilaian dan bersaing dengan puluhan pengusaha masakan lain. Beberapa kriteria penilaian agar dapat bergabung di FJB antara lain cita rasa otentik, tampilan, operasional dapur hingga perencanaan urusan ekonomi yang matang.

Sedikit bocoran, beberapa jajanan yang siap berkompetisi untuk hadir menggoyang lidah Anda di FJB 2017 antara lain Sate Maranggi Tukang Masak, Sate Klatak Mas Tanto, Bakso Boedjangan, Tapong Minis, Sate Klopo Mbak Nayla, Rumah Makan Legoh, Nasi Kebuli Mbah Soleh, Pindang Agan Rumah Makan Beta Ruma, Klapertaart Online dan masih banyak lagi.

Salah satu hidangan yang akan hadir di Festival Kuliner Bango 2017

Comments