Siang Ini, Satelit Merah Putih Diluncurkan SpaceX

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Siang Ini, Satelit Merah Putih Diluncurkan SpaceX

Siang Ini, Satelit Merah Putih Diluncurkan SpaceX

KEPONEWS.COM - Siang Ini, Satelit Merah Putih Diluncurkan SpaceX Satelit Merah Putih akan diluncurkan melalui Roket Falcon 9 pada pukul 01.18 ET atau sekitar pukul 12:18 Siang WIB Selasa 7 Agustus 2018. Satelit komunikasi itu bakal diluncurkan ke orbit dari Pantai...
Loading...

Satelit Merah Putih akan diluncurkan melalui Roket Falcon 9 pada pukul 01.18 ET atau sekitar pukul 12:18 Siang WIB Selasa 7 Agustus 2018. Satelit komunikasi itu bakal diluncurkan ke orbit dari Pantai Florida Amerika Serikat.

Dilansir dari laman The Verge, Selasa 7 Agustus 2018, rencananya Satelit Merah Putih akan dilepas 32 menit setelah roket milik SpaceX tersebut tinggal landas. Setelah melepas Satelit Merah Putih, Roket Falcon 9 akan berusaha mendarat di salah satu kapal drone Spaxe X di Atlantik.

Cuaca di Pantai Florida menurut laporan sangat baik, sehingga peluncuran diprerkirakan tak menemukan kendala.

Sebelum mengirimkan Satelit Merah Putih, Roket Falcon 9 dengan booster Block 5 ini telah mengirimkan satelit Bangladesh pada Mei lalu. Selama tiga bulan, perusahaan Space X berusaha melakukan pemeriksaan dan perbaikan pada roket untuk siap menerbangkan lagi satelit pada hari ini.

SpaceX berharap melakukan sedikit perbaikan pada Block 5 jikalau dimungkinkan. Membatasi jumlah inspeksi dan perawatan diharapkan untuk kembali meluncurkan satelit. Caa itu sekaligus bisa membantu menekan pengeluaran.

SpaceX mengharapkan bisa menerbangkan booster Block 5 selama sepuluh kali sebelum memperbaikinya.

NASA Patahkan Ambisi Elon Musk di Planet Mars

Antisipasi Peretasan Asian Games, Telkom Siagakan Ribuan Petugas

Christian Sugiono Marah Data Pribadinya di IndiHOME Bocor

Saat Mei lalu, Kepala Eksekutif SpaceX, Elon Musk menyatakan karena baru pertama kali diterbangkan, Block 5 belum perlu diperbaiki. Dalam akun Twitternya dituliskan pemeriksaan berjalan baik walaupun menekan biaya pengeluaran masih sulit.

Satelit Merah Putih atau Telkom 4 rencananya akan membawa 60 transponder, 36 transponder di antaranya akan disewakan untuk kebutuhan domestik. Sedangkan sisanya akan dipasarkan untuk India.

Merah Putih akan berada di slot orbit 108 Bujur Timur setelah diluncurkan hari ini.

Loading...

Comments