Shinjiro Koizumi, sosok yang digadang-gadang sebagai calon perdana menteri Jepang

Internasional

News / Internasional

Shinjiro Koizumi, sosok yang digadang-gadang sebagai calon perdana menteri Jepang

Shinjiro Koizumi, sosok yang digadang-gadang sebagai calon perdana menteri Jepang

KEPONEWS.COM - Shinjiro Koizumi, sosok yang digadang-gadang sebagai calon perdana menteri Jepang Bulan lalu, Shinjiro Koizumi ramai diberitakan media massa di Jepang setelah dia mengumumkan pernikahan dengan seorang bintang televisi dan kemungkinan bakal mengambil cuti untuk mengurus anak. Langka...

Bulan lalu, Shinjiro Koizumi ramai diberitakan media massa di Jepang setelah dia mengumumkan pernikahan dengan seorang bintang televisi dan kemungkinan bakal mengambil cuti untuk mengurus anak.

Langkah itu sungguh jarang di negara yang kaum perempuannya diharapkan menjadi sosok utama dalam mengawal pendidikan anak, meski ada upaya dari negara untuk meningkatkan kesetaraan gender.

Pada usia 38 tahun, Koizumi, yang kerap disebut Shinjiro untuk membedakan dari ayahnya (mantan Perdana Menteri Junichiro Koizumi), sering menjadi sorotan media. Namanya beberapa kali digadang-gadang sebagai sosok yang layak diperhitungkan sebagai kandidat perdana menteri.

Karena itu, tak heran bahwa pekan ini Shinjiro kembali diberitakan setelah ditunjuk menjadi menteri lingkungan dalam kabinet PM Shinzo Abe, sekaligus menyandang predikat sebagai menteri termuda ketiga semenjak Perang Dunia II.

"Saya membandingkannya dengan seorang 'peselancar' yang tampak sangat baik di depan hadirin di pantai, tapi tidak pernah ke laut," kata Atsuo Ito selaku analis politik kepada BBC.

"Kita akan menyaksikan seberapa mumpuninya dia mengingat saat ini, sebagai seorang menteri, dia tidak bisa menghindari ombak keras dari publik," lanjutnya.

'Pria muda yang tergesa-gesa'

Shinjiro, yang meraih gelar master di bidang ilmu politik dari Universitas Columbia di New York serta pernah bekerja sebagai peneliti untuk lembaga kajian Center for Strategic and International Studies (CSIS) di Washington, amat dikenal oleh kalangan 'tangan-tangan Jepang' sebagaimana dilaporkan harian The Japan Times.

Istilah itu merujuk pada peneliti dan pakar mengenai Jepang yang memberi nasihat kepada pemerintah Amerika Serikat serta punya pengaruh dalam membentuk kebijakan Washington terhadap hubungan dagang dan pertahanan AS-Jepang.

"Walau sisi muda Koizumi, penampilan, retorika yang terkadang populis, dan kehadirannya di media membuat dia menarik banyak pengagum, kalangan pengritik menilai hal-hal itu merupakan kualitas berbeda bagi orang yang memerintah dan merampungkan banyak hal sebagai menteri kabinet," sebut harian The Japan Times.

Shinjiro KoizumiKYODO VIA REUTERS Koizumi mengumumkan rencana pernikahannya dengan Christel Takigawa.

Shinjiro Koizumi, dari partai berkuasa Liberal Demokratik, dipilih sebagai anggota majelis rendah parlemen Jepang pada 2009 setelah dirinya memenangi suara untuk menduduki kursi yang ditinggalkan ayahnya.

Comments