Setelah Pixel 3a, Google Siapkan Ponsel 'Murah' Lagi?

Nasional

News / Nasional

Setelah Pixel 3a, Google Siapkan Ponsel 'Murah' Lagi?

Setelah Pixel 3a, Google Siapkan Ponsel 'Murah' Lagi?

KEPONEWS.COM - Setelah Pixel 3a, Google Siapkan Ponsel 'Murah' Lagi? Disediakan oleh PT. Kompas Cyber MediaGoogle resmi memperkenalkan dua ponsel terbarunya adalah Pixel 3a (putih) dan Pixel 3a XL (hitam). Kedua ponsel ini merupakan versi murah dari Pixel 3 reguler. Yu...
Setelah Pixel 3a, Google Siapkan Ponsel "Murah" Lagi?
Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Google resmi memperkenalkan dua ponsel terbarunya adalah Pixel 3a (putih) dan Pixel 3a XL (hitam). Kedua ponsel ini merupakan versi murah dari Pixel 3 reguler. Yudha Pratomo/KompasTekno

Dalam konferensi Google I/O di Amerika Serikat, pekan lalu, Google meresmikan duo ponsel Pixel 3a dan Pixel 3a XL yang dibanderol lebih murah dari Pixel 3 reguler.

Tak lama kemudian, sudah muncul kabar bahwa sang raksasa internet itu sedang menyiapkan ponsel "murah" berikutnya. Sangkaan tersebut muncul dari sebuah briefing antara AndroidPolice dengan tim hardware Google.

Dalam briefing dimaksud, ditekankan bahwa Pixel 3a dan Pixel 3a XL tak akan menjadi kategori produk yang hanya sekali dirilis, tapi akan dilanjutkan terus.

Kemungkinan Google akan menelurkan lini ponsel papan tengah "seri a" ala Pixel 3a tiap tahun, mengikuti jadwal rilis seri ponsel Pixel reguler.

Perbedaan harga antara seri Pixel 3a dengan Pixel 3 reguler cukup mencolok. Pixel 3a dihargai 399 dollar AS (Rp 5,7 juta) atau hanya setengah dari harga Pixel 3 saat peluncuran yang sebesar 799 dollar AS (Rp 11,4 juta).

Kemudian, Pixel 3a XL dihargai 479 dollar AS (Rp 6,9 juta), jauh di bawah Pixel 3 XL yang dibanderol 899 dollar AS (Rp 12,9 juta) pada saat peluncurannya Oktober tahun lalu.

Kendati harganya beda jauh, ada kekhawatiran ponsel menengah Google bisa menggerus pasar ponsel flagship besutannya karena beberapa fasilitas seri Pixel 3 bisa ditemukan di Pixel 3a.

Kamera Pixel 3a pun terbilang mumpuni dan mempunyai fasilitas Night Sight untuk foto malam hari. Sementara, Google masih belum menerapkan lebih dari satu kamera utama di seri Pixel 3, seperti dirangkum KompasTekno dari Android Police, Senin (13/5/2019).

Ada kemungkinan Google akan melakukan diferensiasi yang lebih kentara antara seri ponsel Pixel reguler dengan Pixel "seri a" di masa mendatang, tapi seperti apa bentuknya masih belum diketahui.

Penulis: Bill Clinten

Editor: Oik Yusuf

Sumber: Android Police

Copyright Kompas.com

Comments