Setahun Pandemi, Wamenkes: Indonesia Miliki Kemandirian Melakukan Perawatan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Setahun Pandemi, Wamenkes: Indonesia Miliki Kemandirian Melakukan Perawatan

Setahun Pandemi, Wamenkes: Indonesia Miliki Kemandirian Melakukan Perawatan

KEPONEWS.COM - Setahun Pandemi, Wamenkes: Indonesia Miliki Kemandirian Melakukan Perawatan WAKIL Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Habuwono mengatakan banyak kejadian telah dilewati di momen satu tahun pandemi covid-19 melanda Indonesia ini. Sejumlah hal positif pun bisa diambil da...

WAKIL Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Habuwono mengatakan banyak kejadian telah dilewati di momen satu tahun pandemi covid-19 melanda Indonesia ini. Sejumlah hal positif pun bisa diambil dari adanya wabah penyakit ini.

Wamenkes Dante Saksono Harbuwono mengatakan hal positif yang bisa diambil selama masa pandemi covid-19 merupakan kemampuan Indonesia mengatasi wabah penyakit. Menurut dia, pengobatan covid-19 sudah makin berkembang jauh dibandingkan sebelumnya.

1 Tahun Pandemi Covid-19, Wamenkes: Masyarakat Mulai Jenuh dan Frustrasi

"Kalau satu tahun lalu kita masih meraba, alhasil mortality rate menjadi sangat tinggi pada awal-awal pandemi. Sekarang pengalaman secara empiris saat mengobati, membuat dokter di Indonesia mempunyai kemandirian untuk melakukan perawatan," terang dr Dante dalam 'Peringatan 1 Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia', Selasa (2/3/2021).

Ilustrasi covid-19. (Foto: Okezone)

Ia pun tidak heran kalau saat ini pedoman-pedoman telah dibuat dalam upaya membuat jumlah pasien meninggal dunia berkurang. Bagi dia, ini merupakan bukti nyata yang telah dilakukan Indonesia selama satu tahun terakhir.

Wamenkes: Kekebalan Tubuh Terbentuk 2 Sampai 6 Minggu Usai Divaksin Kedua

Meski demikian, bukan berarti usaha Indonesia dalam menanggulangi covid-19 sudah selesai. Karena, masih banyak tugas lain yang harus dilakukan dalam upaya mengakhiri pandemi covid-19 di Tanah Air.

"Tentu ini tidak akan selesai, dan kita masih mempunyai tugas yang banyak sekali, antara lain bagaimana kita melakukan penguatan di hulu. Kalau treatment sudah didahului dengan proses pengembangan pengobatan yang makin baik, maka yang harus kita kerjakan merupakan testing dan tracing," tuntasnya.

(han)

Comments