Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Kaladama dan Tahu Gejrot

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Kaladama dan Tahu Gejrot

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Kaladama dan Tahu Gejrot

KEPONEWS.COM - Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Kaladama dan Tahu Gejrot Selain terkenal akan wisata sejarahnya, Cirebon ternyata mempunyai sejumlah masakan khas yang sangat lezat untuk dinikmati. Mungkin, sebagian besar dari masyarakat hanya mengetahui beberapa makanan kh...

Selain terkenal akan wisata sejarahnya, Cirebon ternyata mempunyai sejumlah masakan khas yang sangat lezat untuk dinikmati. Mungkin, sebagian besar dari masyarakat hanya mengetahui beberapa makanan khas dari Cirebon, seperti Empal Gentong, Nasi Jamblang, dan sebagainya. Namun, ada juga makanan khas yang sampai saat ini, belum diketahui orang-orang.

Makanan khas ini bernama Kaladama. Sekilas mungkin mirip tahu gejrot, terbuat dari irisan tahu yang diberi kecap manis dan gurih, serta ditambah irisan cabe rawit, bawang merah, disajikan di atas piring gerabah kecil dengan memakai tusukan atau biting.

Menurut Marta (49), salah satu pedagang Kaladama yang hanya bisa dijumpai di daerah Cirebon Timur itu mengatakan, yang membedakan Kaladama dengan tahu gejrot ialah, karena terdapat irisan ketupat dan tahunya juga lebih tebal.

: 5 Minuman Alami Pengusir Flu yang Mujarab

"Makanan ini biasanya ditemukan di wilayah Astanajapura, Lemahabang, dan Karangwareng," ucap dia, saat ditemui Okezone, belum lama ini.

Dirinya memaparkan, nama Kaldama sendiri berasal dari kata bahasa Sunda, adalah 'Ka, lada mang' atau yang artinya 'yang pedas mang'. Ada juga orang yang menyebut makanan khas ini dengan nama kupat tahu.

: 5 Presenter Cantik Ini Senang Bertualang, Siapa Idolamu?

"Tahunya lebih tebal, karena wilayah Cipeujeuh sendiri terdapat banyak pabrik tahu yang biasa digunakan untuk dijual di pasar, dan juga untuk pedagang kaladama," tambahnya.

Dengan isian irisan tahu dan ketupat, makanan yang dijual dengan harga Rp5.000 ini, dijamin akan lebih mengenyangkan, dibandingkan dengan tahu gejrot.

"Satu porsi cuman Rp5000. Pembeli sudah kenyang dan dapat banyak, kalau tahu gejrot kan cuman sedikit," pungkasnya.

(tam)

Comments