Serunya Festival Cian Cui yang Bikin Basah di Riau

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Serunya Festival Cian Cui yang Bikin Basah di Riau

Serunya Festival Cian Cui yang Bikin Basah di Riau

KEPONEWS.COM - Serunya Festival Cian Cui yang Bikin Basah di Riau FESTIVAL istiadat selalu sukses menarik perhatian banyak orang termasuk salah satunya sebagai langkah promosi untuk menarik wisatawan. Digelarnya festival ini juga dilakukan untuk melestarikan tradisi...

FESTIVAL istiadat selalu sukses menarik perhatian banyak orang termasuk salah satunya sebagai langkah promosi untuk menarik wisatawan. Digelarnya festival ini juga dilakukan untuk melestarikan tradisi yang diwariskan secara turun menurun.

Festival tata cara yang dikenal dengan sebutan Festival Perang Air ini kerap dilakukan di Kepulauan Meranti, Riau. Masyarakat asli Riau Festival perang air ini disebut Cian Cui dalam rangka menyambut datangnya Imlek.

Setiap tahunnya event ini digelar secara rutin, tahun ini digelar sepanjang periode 28 Januari hingga 2 Februari 2017. Tiap kali event digelar, ribuan manusia berkumpul di sepanjang Kota Selatpanjang, Riau.

Masyarakat yang berkumpul sudah siap dengan banyak sekali bekal senjata yang nantinya digunakan untuk perang air. Perkakas seperti ember, gayung, aneka kantung plastik hingga pistol air sudah siap di genggaman masyarakat.

Setelah aba-aba perang dikumandangkan, langsung saja masyarakat melempar air yang sudah menjadi bekal senjata. Semua masyarakat tertawa riang meskipun seluruh pakaian dan badan basah kuyup diguyur air.

Event ini digelar setiap tahunnya dan sudah terlampir dalam rencana event Riau dan jadi salah satu tujuan wisata para traveler baik lokal maupun mancanegara.

Serunya Festival Cian Cui yang Bikin Basah di Riau

Comments