Sering Terlupakan, Sebelum dan Sesudah Pakai Masker Itu Wajib Cuci Tangan!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Sering Terlupakan, Sebelum dan Sesudah Pakai Masker Itu Wajib Cuci Tangan!

Sering Terlupakan, Sebelum dan Sesudah Pakai Masker Itu Wajib Cuci Tangan!

KEPONEWS.COM - Sering Terlupakan, Sebelum dan Sesudah Pakai Masker Itu Wajib Cuci Tangan! Memakai masker sudah menjadi keseharian masyarakat sekarang. Kebiasaan tersebut akan terus dilakukan semua orang sekali pun pandemi dinyatakan berakhir. Ya, pakai masker di tempat umum diyakini bisa...

Memakai masker sudah menjadi keseharian masyarakat sekarang. Kebiasaan tersebut akan terus dilakukan semua orang sekali pun pandemi dinyatakan berakhir.

Ya, pakai masker di tempat umum diyakini bisa menahan diri Kamu dari paparan kuman penyebab penyakit, termasuk virus berbahaya seperti SARS-CoV2 penyebab Covid-19. Tapi, tentu pemakaian yang benar yang akan memberikan manfaat tersebut.

pakai masker

Tak bisa dipungkiri, masih banyak di lapangan orang yang memakai masker sebatas 'nempel' saja di wajah. Area yang semestinya tertutupi, malah dibiarkan terbuka misalnya hidung.

Alasan kebanyakan orang merupakan tidak betah. Tapi, hal itu tak boleh dilakukan karena meningkatkan risiko paparan Covid-19.

Karena itu, Dokter umum dr Alfi Auliya Rachman coba memaparkan bagaimana cara pakai masker yang benar. Ia pun memaparkan satu kesalahan yang banyak orang lakukan.

Dokter Alfi menerangkan, cara pakai masker yang benar itu pertama-tama sudah pasti cuci tangan terlebih dulu. Jikalau Kamu jauh dari sumber air dan sabun, penggunaan hand sanitizer diperbolehkan, tapi cara cuci tangannya tetap sesuai dengan aturan.

"Jadi, meskipun Kamu cuci tangan pakai hand sanitizer, lakukan gerakan pembersihan selama 20 hingga 30 detik seperti Kamu cuci tangan dengan air dan sabun," terangnya di siaran virtual Uniqlo, Rabu (21/10/2020).

Kemudian, saat memegang masker, usahakan hanya talinya. Jadi, Kamu sangat tidak disarankan memegang bagian luar atau dalam masker karena dikhawatirkan malah akan menyebarkan kuman di masker yang Kamu akan gunakan.

Setelah itu, pastikan bagian atas menutupi hidung dan bagian bawah masker berada di bawah dagu. Ini memastikan tidak ada celah untuk virus yang ada di udara masuk ke dalam hidung atau mulut Kamu.

5 Gaya Nagita Slavina di Labuan Bajo, Cantik Pakai Topi Maria Mercedes!

"Kalau sudah, ini yang suka dilupakan orang-orang yaitu cuci tangan lagi dengan sabun atau hand sanitizer. Tindakan ini penting dilakukan supaya tangan Kamu benar-benar bersih seusai memegang masker," tambah dr Alfi.

(DRM)

Comments