Sering Terima Email Spam? Begini Cara Mudah Memblokirnya

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Sering Terima Email Spam? Begini Cara Mudah Memblokirnya

Sering Terima Email Spam? Begini Cara Mudah Memblokirnya

KEPONEWS.COM - Sering Terima Email Spam? Begini Cara Mudah Memblokirnya Ilustrasi email. (Pixabay/Rawpixel) Salah satu layanan digital yang rentan terhadap spam ialah email. Hanya dengan daftar alamat email, spammer bisa mengirim korbannya email dalam bentuk apapun. Di...
Loading...

Ilustrasi email. (Pixabay/Rawpixel)

Salah satu layanan digital yang rentan terhadap spam ialah email. Hanya dengan daftar alamat email, spammer bisa mengirim korbannya email dalam bentuk apapun.

Dilansir dari Popuplar Science, berikut tiga tips untuk memblokir spam di email:

1. Melatih filter spam

Sebagian besar perusahaan penyedia layanan email mempunyai fasilitas deteksi spam yang akan secara otomatis menandai email masuk yang terlihat mencurigakan dan memindahkannya ke folder khusus. Tapi, fasilitas ini akan berfungsi jauh lebih baik bila pengguna melatihnya.

Dalam Gmail, ketika pengguna membuka email akan melihat tombol Laporkan Spam di bagian atas halaman. Klik tombol tersebut ketika pengguna menemukan email yang berhasil tidak tersaring filter pendeteksi spam.

Di sisi lain, jikalau pengguna memeriksa folder Spam dan menemukan email yang penting, buka dan klik tombol Bukan Spam di bagian atas halaman. Itu akan melatih fasilitas untuk memfilter dengan lebih baik.

2. Berhenti berlangganan

Ilustrasi email. (Pixabay)Ilustrasi email. (Pixabay)

Email berisi spam biasanya berupa buletin atau penawaran mengenai jasa atau produk dari suatu web tertentu. Untuk meminimalisir spam, pengguna bisa berhenti berlangganan untuk mendapatkan email dari sumber tersebut.

Tautan berhenti berlangganan bisanya muncul di bagian bawah email. Tautan tersebut akan mengarahkan pengguna ke halaman yang meminta untuk mengonfirmasi keputusan berhenti berlangganan. Setelah berhenti berlangganan, pengguna tidak akan mendapatkan email spam dari sumber tersebut.

3. Gunakan ekstensi pihak ketiga

Jenis layanan ekstensi pihak ketiga ini dapat membantu pengguna meningkatkan filter pendeteksi email spam.

Ada beberapa ekstensi yang bisa digunakan dan diunduh secara gratis, salah satunya merupakan Mailwasher. Pengguna cukup memasukkan rincian login email dan layanan ini akan mengidentifikasi email spam.
Sayangnya, untuk menikmati lebih banyak fasilitas dan dukungan untuk lebih dari satu alamat email, pengguna memerlukan akun Pro yang dihargai sekitar Rp 435 ribu per tahun.(Lintang Siltya Utami)

Loading...

Comments