Sering Santap Makanan Pedas Picu Kanker Usus Besar?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Sering Santap Makanan Pedas Picu Kanker Usus Besar?

Sering Santap Makanan Pedas Picu Kanker Usus Besar?

KEPONEWS.COM - Sering Santap Makanan Pedas Picu Kanker Usus Besar? Sebagian besar masyarakat Indonesia gemar mengonsumsi makanan pedas. Alhasil, tak sedikit dari mereka yang mengalami masalah pencernaan karena makanan yang terlalu pedas. Meski terlihat sederhana, nam...

Sebagian besar masyarakat Indonesia gemar mengonsumsi makanan pedas. Alhasil, tak sedikit dari mereka yang mengalami masalah pencernaan karena makanan yang terlalu pedas.

Meski terlihat sederhana, namun masalah pencernaan bisa menjadi serius apabila tidak lekas ditangani. Salah satu penyakit pencernaan yang berbahaya ialah kanker kolorektal (KKR) atau biasa disebut dengan kanker usus besar.

Makanan Pedas

KKR merupakan keganasan yang berasal dari jaringan usus besar terdiri dari kolon (bagian terpanjang dari usus besar) dan/atau rektum (bagian kecil terakhir dari usus besar sebelum anus).

Kanker Kolorektal Sering Diketahui saat Stadium Lanjut, Yuk Kenali Gejalanya

Namun, apakah hobi mengonsumsi makanan pedas dapat memicu KKR? Konsultan Hematologi Onkologi Medik FKUI-RSCM, Dr. dr. Ikhwan Rinaldi, Sp.PD-KHOM, M.Epid, FINASIM, FACP, mengatakan untuk mengetahui potensinya, maka harus diukur dulu seberapa pedas makanan tersebut.

Kalau pedas alami mungkin tidak terlalu berpengaruh pada KKR. Jadi yang pasti yang harus diperhatikan merupakan alkohol, merokok, itu merupakan radikal bebas yang memicu terjadinya perubahan sel, kata dr. Ikhwan, dalam virtual media briefing Apa dan bagaimana personalised medicine dalam kanker kolorektal , Selasa (26/1/2021).

Menurutnya apabila dengan mengonsumsi makanan pedas, dapat memicu sel seseorang untuk berubah, maka kemungkinan dapat berpotensi menyebabkan KKR. Namun, kesimpulan ini baru bisa terbukti dengan penelitian lebih lanjut.

Tapi saat ini belum ada data yang meneliti hal itu. Jadi perlu pengujian yang lebih mendalam perihal makanan pedas yang bisa menyebabkan KKR. Yang jelas perbanyak makan buah dan sayur, kurangin makanan berlemak dan daging serta makanan yang diolah dengan suhu tinggi, tuntasnya.

(hel)

Comments