Sering Nyeri Dada Sebelah Kiri, Mungkin Ini Penyebabnya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Sering Nyeri Dada Sebelah Kiri, Mungkin Ini Penyebabnya

Sering Nyeri Dada Sebelah Kiri, Mungkin Ini Penyebabnya

KEPONEWS.COM - Sering Nyeri Dada Sebelah Kiri, Mungkin Ini Penyebabnya RUPANYA penyebab nyeri dada sebelah kiri sangat beragam. Namun, banyak orang yang mengira bahwa mengalami nyeri di bagian kiri dada ialah serangan jantung atau terkait dengan itu. Memang tidak ada sal...

RUPANYA penyebab nyeri dada sebelah kiri sangat beragam. Namun, banyak orang yang mengira bahwa mengalami nyeri di bagian kiri dada ialah serangan jantung atau terkait dengan itu.

Memang tidak ada salahnya, tetapi penyebab nyeri dada sebelah kiri bukan hanya serangan jantung saja. Ada beberapa hal lain yang memicu rasa nyeri di bagian jantung, dan itu perlu diwaspadai dan jangan disepelekan!

Lantas, apa saja sih penyebab nyeri dada sebelah kiri? Berikut berita lengkapnya seperti dirangkum dari situs Healthline, Selasa (19/10/2021).

nyeri dada

1. Angin duduk

Di urutan pertama ialah angina atau angin duduk. Ini merupakan suatu kondisi yang bisa menjadi penyebab nyeri dada sebelah kiri. Angina sendiri merupakan gejala dari masalah jantung seperti penyakit jantung koroner. Rasa nyeri tersebut biasanya timbul karena otot jantung Kamu tidak mendapatkan cukup oksigen dari darah. Tak hanya nyeri dada, angina juga menyebabkan ketidaknyamanan di lengan, bahu, leher, punggung, atau rahang.

2. Serangan jantung

Penyebab nyeri dada sebelah kiri di urutan berikutnya merupakan serangan jantung. Kondisi ini terjadi ketika otot jantung rusak karena tidak mendapatkan darah kaya oksigen yang cukup. Beberapa serangan jantung ini dimulai dengan nyeri dada ringan hingga memburuk perlahan-lahan. Orang yang mengalami serangan jantung juga merasakan nyeri hebat di sisi kiri atau tengah dada Kamu.

Gejala serangan jantung lainnya yang perlu Kamu waspadai adalah rasa sakit di lengan kanan, leher, rahang, punggung, perut, sesak napas, keringat dingin, hingga pusing. Jikalau mengalami gejala-gejala tersebut segeralah mencari pertolongan.

3. Serangan panik

Panic attack atau serangan panik bisa datang tiba-tiba dan cenderung memuncak dalam 10 menit. Kondisi serangan panik ini terjadi saat Kamu merasakan ketakutan yang intens atau kecemasan.

Kalau Kamu mengalami serangan panik, tubuh dapat meresponnya dengan mensimulasikan serangan jantung. Selain nyeri dada, beberapa gejala serangan panik lainnya adalah sesak napas, detak jantung cepat, pusing, berkeringat, mual, dan banyak lagi.

4. Gerd

Seperti kita tahu, GERD atau penyakit refluks gastroesofagus merupakan penyakit pencernaan yang dapat menjadi penyebab nyeri dada sebelah kiri. Gejala utama GERD ialah sering mulas. Selain itu, GERD juga dapat menyebabkan nyeri dada, batuk, mengi, dan kesulitan menelan.

5. Masalah paru-paru

Terakhir ialah masalah paru-paru yang bisa menjadi penyebab nyeri dada sebelah kiri. Rasa sakit yang tiba-tiba dan tajam di kedua sisi dada Kamu bisa jadi karena paru-paru yang kolaps atau pneumotoraks.

Hal ini dapat disebabkan oleh penyakit atau dari stress berat pada dada. Selain itu, pneumonia atau radang paru-paru, hingga kanker paru juga bisa memberikan efek serupa pada tubuh, dengan gejala yang berbeda-beda.

Bila Kamu kerap mengalami nyeri dada sebelah kiri, sebaiknya Kamu segera mencari pertolongan dan berobat ke dokter. Alasannya adalah, kalau tidak ditangani kemungkinan bisa berakibat fatal.

(DRM)

Comments