Sering Kesemutan dan Keram, Bahayakah?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Sering Kesemutan dan Keram, Bahayakah?

Sering Kesemutan dan Keram, Bahayakah?

KEPONEWS.COM - Sering Kesemutan dan Keram, Bahayakah? Anda sering merasa kesemutan dan kram di kaki atau tangan? Kesemutan dan kram bisa terjadi pada siapa saja. Kondisi ini merupakan gejala gangguan pada fungsi saraf atau peredaran darah. Kesemutan dan...

Anda sering merasa kesemutan dan kram di kaki atau tangan? Kesemutan dan kram bisa terjadi pada siapa saja. Kondisi ini merupakan gejala gangguan pada fungsi saraf atau peredaran darah. Kesemutan dan kram ada yang sifatnya sementara dan ada yang jangka panjang.

Penyebab kesemutan dan kram sementara, biasanya disebabkan oleh tekanan pada bagian tubuh dalam waktu lama, seperti saat duduk bersila atau posisi tidur tidak baik. Selain itu dehidrasi, hiperventilasi atau kondisi saat seseorang sedang panik, sehingga pasokan darah ke area tertentu terganggu.

Namun, jangan diabaikan kesemutan yang berkepanjangan, karena bisa jadi tanda atau penyebab penyakit kronis seperti diabetes melitus, gangguan ginjal, penyakit hati, stroke, tumor dan lainnya. Ada baiknya, bila Anda sering kesemutan atau kram segera ketahui penyebabnya.

Sementara, topik mengenai jahe untuk kesehatan telah diketahui banyak orang. Jahe memang memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Jahe ialah tanaman rimpang yang sangat populer untuk dijadikan bahan masakan dan juga pengobatan bukan hanya di Indonesia namun juga di beberapa negara seperti di Cina, India hingga Timur Tengah.

Jahe yang memiliki aroma khas dan mayoritas rasa pedas yang disebabkan senyawa keton bernama zingeron ini dipercaya bermanfaat sebagai penghangat tubuh dan bisa mengatasi permasalahan pada sistem pencernaan seperti nyeri ulu hati dan penyakit maag.

Manfaat lain dari mengkonsumsi jahe merupakan dapat mengendalikan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan jahe mengandung nutrisi dan juga mineral yang dapat mencegah pembentukan gumpalan darah pada arteri dan juga pembuluh darah.

Kdua pembahasan menarik tersebut akan dikupas tuntas dalam program tayangan AYO HIDUP SEHAT di tvOne Senin 22 Januari 2018 pukul 13.00-14.00. Dipandu oleh dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan dr. Reinita Arlin Puspita.

Acara ini akan menghadirkan narasumber berkompeten. Pada tema 1 'Kesemutan dan Kram' akan dibahas oleh Dr Zicky Yombana, SpS2 dan Dr. Rita Kumalasari, SpKFR. Sedangkan pada tema 2 'manfaat jahe' akan dibahas oleh pakar gizi Dr Juwalita Surapsari, SpGK, M.Gizi.

Lihat live streamingnya di sini.
.

Comments