Sering dilakukan, 7 kesalahan makeup ini bisa bikin jerawatan

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Sering dilakukan, 7 kesalahan makeup ini bisa bikin jerawatan

Sering dilakukan, 7 kesalahan makeup ini bisa bikin jerawatan

KEPONEWS.COM - Sering dilakukan, 7 kesalahan makeup ini bisa bikin jerawatan Jerawat memang selalu menjadi masalah kulit yang tak ada habisnya. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga membuat kepercayaan diri seseorang berkurang atau menurun. Pastinya banyak sekali cara dil...

Jerawat memang selalu menjadi masalah kulit yang tak ada habisnya. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga membuat kepercayaan diri seseorang berkurang atau menurun.

Pastinya banyak sekali cara dilakukan seseorang untuk menghilangkan jerawat, mulai dari cara alami hingga mengandalkan kemampuan medis. Meski jerawat dapat diatasi, bekasnya kerap menjadi permasalahan kedua yang dihadapi seseorang. Bekas jerawat juga sangat mengganggu dan merusak penampilan.

Jikalau kamu mengalami wajah berjerawat dan sudah melakukan banyak sekali cara untuk mengatasinya, namun tak kunjung hilang, mungkin ada yang salah dengan cara kamu mengatasi jerawat tersebut.

Jerawat juga bisa muncul karena kesalahan yang kerap dilakukan para wanita saat memakai makeup. Pasalnya banyak orang yang menutupi jerawatnya memakai makeup dan salah mempunyai produk untuk makeup, serta pengaplikasian makeup yang salah.

Tanpa disadari seseorang, penggunaan makeup terlalu tebal dapat memicu jerawat. Ditambah lagi jikalau memang wajah kamu sedang jerawatan.

Nah, buat kamu yang doyan makeup dan tak ingin mengalami masalah jerawat, hindari beberapa kesalahan saat memakai makeup. Apa saja kesalahan yang kerap dilakukan orang saat bermakeup sehingga berujung berjerawat? Berikut ulasannya dihimpun dari banyak sekali sumber, Rabu (13/3).

1. Menutupi jerawat dengan banyak foundation.

kesalahan makeup istimewa

foto: beautybargainista.com

Kebiasaan buruk ini kerap dilakukan sebagian besar wanita saat bermakeup. Mereka yang berjerawat selalu ingin menutup jerawatnya memakai foundation, padahal ini akan memperburuk keadaan wajah. Pasalnya jerawat akan semakin meradang dan bahkan bisa memperparah iritasi.

Tebalnya penggunaan foundation membuat kulit tidak bisa bersentuhan dengan udara. Hal ini jelas akan memperburuk keadaan jerawat dan akan sulit sembuh. Jadi pastikan saat memakai makeup, kamu tidak mengaplikasikan foundation terlalu tebal.

2. Mengaplikasikan makeup dengan jari.

kesalahan makeup istimewa

foto: adorebeauty.com

Sebagian besar wanita melakukan hal ini. Bahkan mereka lupa membersihkan terlebih dahulu tangannya. Ada baiknya untuk tidak mengaplikasikan makeup memakai jari karena tanpa kamu sadari ada banyak kuman yang bersarang di sana. Bila kamu memakai spons, pastikan untuk rajin membersihkannya agar tetap bersih dan terhindar dari kuman.

3. Tidak memakai pelembap.

kesalahan makeup istimewa

foto: pixabay.com

Biasanya wanita suka lupa bahkan malas memakai pelembap wajah. Padahal pelembap sangat baik digunakan karena dapat membuat wajah tampak lembap dan halus, serta terhindar dari kekeringan. Selain itu memakai pelembap saat sebelum mengaplikasikan makeup dapat membuat makeup lebih menempel dan produk makeup tidak langsung mengenai wajah.

4. Memakai produk berbahan minyak.

kesalahan makeup istimewa

foto: pixabay.com

Seperti diketahi bahwa wajah yang berminyak dapat memicu munculnya jerawat. Lebih teliti untuk memilih produk makeup, jangan memilih yang berbahan dasar minyak. Namun pilihlah produk makeup yang mempunyai label oil-free dan non-comedogenic.

5. Memakai foundation yang salah.

kesalahan makeup istimewa

foto: rd.com

Untuk merias wajah, pastikan untuk memilih produk-produk terpercaya. Jangan asal murah langsung beli dan diaplikasikan ke wajah. Salah satu yang kerap membuat wajah berjerawat merupakan foundation yang digunakan tidak sesuai. Pilih foundation dengan label non-comedogenic (tidak menimbulkan komedo), tidak menyebabkan alergi, dan mineral-based sehingga mengurangi iritasi kulit atau penyumbatan pori-pori.

6. Memakai peralatan makeup yang kotor.

kesalahan makeup istimewa

foto: pixabay.com

Pernahkah kamu mengecek satu per satu peralatan makeup yang kamu punya? Seperti kuas, spons, dan peralatan makeup lainnya. Tanpa kamu sadari, peralatan makeup yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang kuman. Hal inilah yang menjadikan wajah berjerawat. Ada baiknya untuk sedikit peduli dengan barang-barang yang kerap kamu gunakan. Rajinlah untuk membersihkan peralatan makeup-mu.

7. Jarang membersihkan wajah.

kesalahan makeup istimewa

foto: shape.com.sg

Rasa malas memang kerap menyelimuti banyak orang usai beraktivitas seharian. Tak jarang mereka membiarkan makeup yang masih menempel di wajah dan memilih langsung tidur. Hal ini sangat salah.

Harusnya kamu langsung membersihkan wajah dengan baik setiap kali habis beraktivitas. Lakukan secara benar dengan memakai cleansing milk, cleansing balm, cleansing oil, atau micellar water untuk membersihkan makeup. Lalu gunakan sabun pembersih wajah.

Comments