Serap Puluhan Ribu Pekerja, HPTL Dinilai Butuh Kebijakan Khusus

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Serap Puluhan Ribu Pekerja, HPTL  Dinilai Butuh Kebijakan Khusus

Serap Puluhan Ribu Pekerja, HPTL Dinilai Butuh Kebijakan Khusus

KEPONEWS.COM - Serap Puluhan Ribu Pekerja, HPTL Dinilai Butuh Kebijakan Khusus Inovasi teknologi dan sisi kreatif dari industri Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) terbilang jarang disoroti. Padahal, menurut Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansya...

Inovasi teknologi dan sisi kreatif dari industri Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) terbilang jarang disoroti. Padahal, menurut Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, industri tersebut bisa dibilang masuk dalam kategori industri kreatif, karena menekankan inovasi kreatif di luar produk tembakau konvensional.

Industri kreatif bisa diartikan sebagai aktivitas usaha atau usaha, berkaitan dengan penciptaan ataupun ide, yang dapat dijadikan sebagai produk ekonomi yang menghasilkan. Sehingga dapat disimpulkan HPTL berada dalam lini ini, kata Trubus kepada awak media, Rabu, 27 Oktober 2021.

Karena itu, menurutnya, HPTL harus terpisah dari industri hasil tembakau, tidak bisa disamakan, meski sama-sama mengandung nikotin. "Jadi perlu ada kebijakan tersendiri terhadap hasil pengolahan tembakau lainnya," imbuhnya.

Cukai Cairan Rokok Elektronik atau Liquid Vape. Photo : ANTARA FOTO/M Agung Rajasa Cukai Cairan Rokok Elektronik atau Liquid Vape.

Realisasi Investasi Kuartal III-2021 Tembus Rp659,4 Triliun

Dari sisi penciptaan lapangan kerja, vape sebagai bagian dari HPTL juga dinilai bisa membuka jenis-jenis pekerjaan kreatif lain, di luar produksi produk. Hal ini diamini oleh Dimasz Jeremiah, pendiri Ministry of Vape Indonesia (MOVI).

Menurut dia, vape sebagai industri kreatif membuka banyak sekali lini lapangan kerja yang kian beragam.

Comments