September: Kiswinar, Mario Teguh dan Tes DNA

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

September: Kiswinar, Mario Teguh dan Tes DNA

September: Kiswinar, Mario Teguh dan Tes DNA

KEPONEWS.COM - September: Kiswinar, Mario Teguh dan Tes DNA Jakarta, Namanya tak dikenal, meski wajahnya mirip seorang figur publik. Benar saja, dalam pengakuannya, pria muda ini mengaku sebagai putra dari motivator terkemuka, Mario Teguh.Namun Mario memilih u...
Jakarta, Namanya tak dikenal, meski wajahnya mirip seorang figur publik. Benar saja, dalam pengakuannya, pria muda ini mengaku sebagai putra dari motivator terkemuka, Mario Teguh.

Namun Mario memilih untuk mempertanyakan keabsahan pengakuan pria bernama Kiswinar tersebut. Hal ini kemudian berujung pada upaya saling melaporkan satu sama lain ke pihak kepolisian.

Untuk menengahinya, kepolisian selanjutnya melakukan tes DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) kepada Mario dan pria bernama Kiswinar tersebut. Kendati awalnya menolak, tes DNA akhirnya betul-betul dilaksanakan di kantor DVI (Disaster and Victim Identification) pada bulan November silam.

Mengapa tes DNA bisa menjadi patokan penting untuk mengetahui hubungan antara ayah dan anak? Ahli genetika molekuler dr Teguh Haryo Sasongko, PhD beberapa waktu lalu menjelaskan, genom manusia diturunkan dari ayah dan ibu, masing-masing separuh. Di dalam genom ini terdapat penanda genetik yang tersebar merata, biasanya berupa kelompok nukleotida berulang atau berpasangan (CACACA atau CTCTCT atau CTGCTGCTG).

Untuk memastikan hal ini, spesimen diambil dari darah orang yang ingin dites dan pembandingnya. Dari sini akan bisa dilihat seperti apa DNA-nya.

Patokannya, jumlah perulangan nukleotidanya stabil dan sama dari generasi ke generasi. dr Teguh mencontohkan, bila satu bagian genom seseorang terdapat perulangan pasangan nukleotida CA sebanyak 25 kali (CACA sampai 25 kali) maka perulangan yang sama juga akan terlihat pada ayah atau ibunya.

"Jika perulangan ini tidak dijumpai atau jika ada satu saja marker (penanda) yang tidak terdapat pada ayah atau ibunya, maka anak itu tidak dapat dikatakan anak biologis kedua orang yang disangka ayah atau ibunya," paparnya seperti diberitakan detikHealth sebelumnya.

Akan tetapi sebenarnya DNA manusia tidak hanya bisa dilihat dari sampel darah saja, tetapi juga akar rambut, ludah, sel-sel epitel rongga mulut, dan lain-lain sepanjang sel-selnya berinti.

Namun menurut Dr dr Herawati Sudoyo, MD, PhD selaku peneliti senior dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, dengan menggunakan akar rambut, misalkan, proses yang dibutuhkan untuk menjalani tes DNA memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

September: Kiswinar, Mario Teguh dan Tes DNAFoto: Noel/detikHOT
Baca juga: Bagaimana Tes DNA Bisa Menentukan Hubungan Ayah dan Anak?

Metode lain yang bisa digunakan adalah dengan mengamati golongan darah si anak. Jika orang tua memiliki golongan darah B, kemudian si anak bergolongan darah O, hal ini mungkin terjadi. Alasannya, golongan darah B yang dimiliki orang tua adalah heterozygous B yang merupakan kombinasi Allele B dan Allele O. Karena itu jika Allele O pada ayah dan Allele O pada ibu diturunkan pada salah satu anaknya akan membuat anaknya memiliki golongan darah O.

Contoh kasus lainnya, jika golongan darah ayah A dan sang ibu AB, maka kemungkinan golongan darah anaknya adalah A atau B atau AB. Contoh lainnya, jika golongan darah ayah adalah O dan ibu AB, maka anak akan memiliki golongan darah A atau B.

Contoh lainnya, jika golongan darah B dan ibu O, maka anak akan memiliki golongan darah B atau O. Pemisalan lainnya, bila ayah memiliki golongan darah A dan ibu memiliki golongan darah O, maka anaknya bisa bergolongan darah A dan O.

Mungkinkah terjadi penyimpangan? "Saya belum pernah mendengar ada penyimpangan dari prinsip pewarisan golongan darah ABO," kata dr Teguh.

Namun dari tes DNA saja sudah dapat dipastikan bahwa Kiswinar merupakan anak biologis dari Mario Teguh dengan istrinya yang terdahulu, Aryani Soenarto. Hal ini juga telah dipastikan oleh penyidik Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Menyusul keluarnya hasil tes tersebut, Mario pun akhirnya memberikan pengakuan bahwa Kiswinar memang putranya.

Baca juga: Selain Tes DNA, Golongan Darah Bisa Pastikan Hubungan Mario Teguh dan Ario?

September: Kiswinar, Mario Teguh dan Tes DNAFoto: Ario Kiswinar lapor ke Polda Metro/ Amel detikcom(lll/vit)

Comments