Seoul Punya Jembatan Layang Unik dan Asri Lho

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Seoul Punya Jembatan Layang Unik dan Asri Lho

Seoul Punya Jembatan Layang Unik dan Asri Lho

KEPONEWS.COM - Seoul Punya Jembatan Layang Unik dan Asri Lho SEOUL baru saja menyelesaikan sebuah taman urban besar yang menyaingi High Line sebuah taman tinggi di New York City. Ialah Seoullo 7017 yang akan menjadi tempat terbaik untuk menikmati pemandangan ko...

SEOUL baru saja menyelesaikan sebuah taman urban besar yang menyaingi High Line sebuah taman tinggi di New York City. Ialah Seoullo 7017 yang akan menjadi tempat terbaik untuk menikmati pemandangan kota K-Pop itu.

Disebut Seoullo 7017 atau jalanan Seoul, karena proyek ini mengubah sebuah jembatan layang menjadi taman umum dengan menghadirkan lebih dari 24 ribu tanaman. Desain ini dibuat oleh sebuah perusahaan arsitektur dari Belanda MRVDV yang memenangkan sebuah kompetisi dengan desain jembatan melayang sebagai rancangan Taman Milelong.

Pembangunan proyek senilai USD33 juta atau setara dengan Rp438 miliar dengan menggunakan dana pemerintah dari tahun 2016 dan akhir Mei lalu baru rampung dibuat. Hasilnya sungguh menggoda dan memberikan sensasi pertualangan indah selama di Ibu Kota Korea Selatan itu.

Seoullo 7017 ialah bagian dari upaya regenerasi perkotaan yang lebih besar yang bertujuan untuk membuat Seoul, sebuah kota dengan lebih dari 10 juta penduduk, lebih ramah pejalan kaki. Seoullo 7017 terbang mengelilingi bangunan dan membentang sepanjang 3.000 kaki di pusat kota.

Taman itu berada di sebagian jalan raya yang dibangun pada tahun 1970. Pada tahun 2006, kota tersebut menemukan kekhawatiran wacana integritas strukturalnya. Jembatan itu kemudian sempat ingin dibongkar, sampai perencana jalan menyadari kalau jembatan itu bisa digunakan untuk jalan setapak.

Kini, Pengunjung dapat mengakses taman setinggi 55 kaki dan terdapat 254 spesies pohon, semak, dan bunga lokal, termasuk pohon maple, tumbuhan runjung hijau, rhododendron, dan bunga sakura. Mereka ditata dalam urutan abjad sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengidentifikasi dan belajar perihal masing-masing.

Karena, tujuan pembangunan taman juga untuk menyadarkan masyarakat mengenai area hijau, di daerah publik.

Dilansir dari travelandleisure, Kamis (15/6/2017), uniknya sepanjang Seoullo 7017, ada pahatan tanaman, pedagang yang menjual teh, pameran, pasar makanan jalanan, dan toko bunga. Sedangkan di malam hari lampu taman membuat Seoul terlihat lebih hijau.

Seoul Punya Jembatan Layang Unik dan Asri Lho

Comments