Senyum dan Pengorbanan Awak Kabin Saat Mengudara

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Senyum dan Pengorbanan Awak Kabin Saat Mengudara

Senyum dan Pengorbanan Awak Kabin Saat Mengudara

KEPONEWS.COM - Senyum dan Pengorbanan Awak Kabin Saat Mengudara London - Traveling dengan Pesawat kadang membutuhkan waktu yang lama tergantung jarak. Hampir selalu berdiri selama penerbangan, beginilah kehidupan awak kabin.Diintip detikTravel dari banyak sekali s...

London - Traveling dengan Pesawat kadang membutuhkan waktu yang lama tergantung jarak. Hampir selalu berdiri selama penerbangan, beginilah kehidupan awak kabin.

Diintip detikTravel dari banyak sekali sumber, Senin (4/12/2017) maskapai penerbangan Inggris yang bernama Virgin Atlantic membuat video 'ritual' yang harus mereka jalankan sebelum dan saat penerbangan.

Video ini menjadi dokumenter penerbangan dari London ke Los Angeles. Pesawat tersebut berangkat dari Heathrow dengan 5 awak kabin.

Hal pertama yang dilakukan oleh awak kabin setelah sampai di Terminal keberangkatan ialah briefing. Seluruh tim diberi pengarahan sebelum naik ke Boeing 787-9 G-VDIA.

Senyum dan Pengorbanan Awak Kabin Saat MengudaraFoto: (dok Vrigin Antlantic) Saat briefing, awak kabin diberi tahu wacana update keselamatan dan penumpang yang berkebutuhan khusus saat penerbangan nanti.

Penerbangan yang memakan waktu 10 jam dann 28 menit tersebut membawa 233 penumpang. Seperti apa ya kesibukan awak kabin dalam melayani penumpang?

Roda pesawat menjauhi tanah dan pesawat mulai take off. Inilah saatnya awak kabin bekerja. Awak kabin akan mulai dengn pembagian camilan yang disusul dengan minuman dan makanan panas.

Senyum dan Pengorbanan Awak Kabin Saat MengudaraFoto: (dok Vrigin Antlantic) Awak kabin juga punya waktu makan. Para awak kabin akan makan sebelum penumpang makan. Sambil memanaskan makanan untuk penumpang, awak kabin akan menyiapkan perlengkapan makan penumpang sambil makan dan berdiri.

Setelah penumpang makan, akan ada coffe break untuk penumpang. Awak kabin pun ikut menikmati kopi atau teh di dapur saat sedang mempersiapkan afternoon tea untuk penumpang. Lagi-lagi awak kabin harus menikmati kopi atau teh dengan waktu yang singkat dan berdiri..

Penerbangan yang lama atau long haul flight bisa dibilang cukup melelahkan. Setelah membagikan makanan berat, awak kabin akan kembali ke lorong penumpang dengan snack atau minuman. Sehingga penumpang tidak merasa bosan atau kelaparan.

Senyum dan Pengorbanan Awak Kabin Saat MengudaraFoto: (dok Vrigin Antlantic) Senyum dan Pengorbanan Awak Kabin Saat MengudaraFoto: (dok Vrigin Antlantic) Saat selesai dengan makanan penutup, awak kabin diperbolehkan beristirahat di tempat tidur khusus kru. Tak langsung tidur, kadang awak kabin akan membaca atau sekedar ngobrol terlebih dahulu.

Sebelum landing, awak kabin masih punya satu tugas lagi, yaitu membagikan handuk panas. Sehingga penumpang akan merasa segar bahkan setelah penerbangan.

Dibalik senyuman awak kabin, ada pekerjaan berat yang jarang sekali diketahui. Ada baiknya sebagai penumpang, kita menghormati awak kabin yang bertugas.

(bnl/bnl)

Comments