Sensasi Menyantap Nasi Kapau di Tanah Minang, Ada Rahasia Wajib Anda Tahu!

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Sensasi Menyantap Nasi Kapau di Tanah Minang, Ada Rahasia Wajib Anda Tahu!

Sensasi Menyantap Nasi Kapau di Tanah Minang, Ada Rahasia Wajib Anda Tahu!

KEPONEWS.COM - Sensasi Menyantap Nasi Kapau di Tanah Minang, Ada Rahasia Wajib Anda Tahu! TIDAK lengkap rasanya jikalau ke Bukittinggi, Sumatera Barat, tidak menyicip nasi kapau yang legendaris itu. Menu makanan yang beragam dengan rasa Minang yang khas membuat lidah tidak ingin berhenti b...
Loading...

TIDAK lengkap rasanya jikalau ke Bukittinggi, Sumatera Barat, tidak menyicip nasi kapau yang legendaris itu. Menu makanan yang beragam dengan rasa Minang yang khas membuat lidah tidak ingin berhenti bergoyang.

Untuk membuktikan seberapa nikmat nasi kapau langsung di Tanah Minang, Okezone coba mendatangi salah satu pusat nasi kapau di Bukittinggi, tepatnya di dekat daerah Tugu Jam Gadang. Dari banyaknya pilihan, Okezone memutuskan untuk mengunjungi Nasi Kapau Ni Lis. Bagaimana pengalaman makan di sana?

Viral Masak Mi Instan di Gunung Tumpah, Komen Netizen Bikin Ngakak

Pada Okezone, Ni Lis memaparkan bahwa jam-jam makan siang memang selalu ramai didatangi pemburu makanan. Bicara menu apa yang paling banyak diincar dari nasi kapau, Ni Lis memaparkan bahwa ada 3 menu yang disukai.

"Menu makanan yang paling banyak diincar itu merupakan kikil, dendeng kariang, dan tanjung," ucapnya lantas tertawa kecil, Jumat (21/12/2018).

Ni Lis kemudian menuturkan perbedaan nasi kapau dengan nasi padang pada umumnya. Hal paling jelas terlihat merupakan di nasi kapau tidak ada lauk ikan laut. Jadi, menu-menu yang disajikan itu biasaya ayam, sapi, atau juga telur. Di beberapa rumah makan nasi kapau juga menyediakan baluik kariang (belut kering).

"Selain tidak ada menu ikan laut, cara menjual nasi kapau juga berbeda dengan nasi padang yang ditempatkan di etalase. Jadi, nasi kapau itu ditempatinnya berjejer menurun kayak gini, masih tradisional lah," sambung Nik Lis yang sudah lama berjualan nasi kapau.

Ada hal penting yang kemudian sangat membedakan nasi padang dengan nasi kapau. Ialah cara membuat makanannya. Ya, ternyata nasi kapau itu dibuatnya masih sangat tradisional. Jadi, masaknya itu masih memakai kayu.

"Ini yang bikin rasa nasi kapau lebih nikmat dibandingkan nasi padang. Selain rasa yang lebih enak, biasanya makannya jadi lebih harum," papar Nik Lis.

Kemudian bagaimana nasi kapau disajikan?

Jadi, pada pertamanya, uni yang menjual nasi kapau akan mengambil nasi. Lalu, dia menuangkan kuah kikil, kuah hati, dan kuah ayam. Setelah itu, di piring yang sama, penjual akan meletakkan sayur nangka, kacang panjang, ubi kering, lobak, dan bila beruntung Kamu akan menemukan jengkol di antara sayuran tersebut.

Hamil Besar, Raisa Terlihat Makin Seksi Aja!

Sementara itu, apa saja sih biasanya menu yang disajikan di rumah makan nasi kapau?

Melihat menu yang dimiliki Ni Lis, berikut menu makanan yang biasanya disajikan rumah makan nasi kapau khas Minang

1. Nasi tunjang

2. Nasi ayam gulai

3. Nasi ayam goreng

4. Nasi ayam rendang

5. Nasi ayam bumbu

6. Nasi ayam lado hijau

7. Nasi dendeng keriang

8. Nasi dendeng lambok

9. Nasi babat

10. Nasi hati

11. Nasi limpao

12. Nasi usus

13. Nasi ikan gulai

14. Nasi ikan goreng

15. Nasi belut kering

16. Nasi talua

So, tertarik untuk makan nasi kapau langsung di tanah Minang? Siap-siap khilaf, ya!

(ndr)

Comments