Sensasi Jungkir Balik di Rumah Gajah Mungkur Wonogiri

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Sensasi Jungkir Balik di Rumah Gajah Mungkur Wonogiri

Sensasi Jungkir Balik di Rumah Gajah Mungkur Wonogiri

KEPONEWS.COM - Sensasi Jungkir Balik di Rumah Gajah Mungkur Wonogiri Minggu, 22 Januari 2017 | 16:56 WIBPengunjung berpose di tempat wisata Omah Jungkir Wonogiri. TEMPO/AHMAD RAFIQWonogiri - Obyek wisata Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah, kini tidak hanya meng...

Minggu, 22 Januari 2017 | 16:56 WIB

Sensasi Jungkir Balik di Rumah Gajah Mungkur Wonogiri

Pengunjung berpose di tempat wisata Omah Jungkir Wonogiri. TEMPO/AHMAD RAFIQ

Wonogiri - Obyek wisata Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah, kini tidak hanya mengandalkan keindahan alam untuk menarik wisatawan. Mereka mencoba berkreasi untuk memuaskan para wisatawan, terutama para 'aktivis' selfie.

Yang terbaru merupakan wahana Omah Jungkir, yang berarti rumah terbalik. Di dalam bangunan yang berada di dalam obyek wisata itu, semua perabotnya terpasang serba terbalik. Baru sepekan dibuka, Omah Jungkir menarik minat ratusan pengunjung untuk berfoto dalam rumah tersebut.

Rumah jungkir terdiri dari empat ruang. Tiga ruang memiliki perabot yang terbalik 180 derajat. Satu ruang lagi hanya terbalik 90 derajat. Para pengunjung antre untuk mendapatkan foto terbaiknya.

Ruang pertama merupakan sebuah ruang keluarga. Sebuah karpet terhampar di langit-langit. Demikian juga dengan sebuah meja kecil dengan permainan catur. Beberapa bantal hingga laptop menempel di langit-langit.

Ruang berikutnya ialah sebuah dapur. Semua perabotnya juga terbalik, terpasang di langit-langit. Termasuk, sebuah kulkas beserta isi di dalamnya, semua terpasang terbalik. Demikian juga dengan kompor gas, blender serta perabot kitchen set.

Ruangan toilet pun juga sama. Bak mandi, closet duduk hingga ember semua terpasang terbalik. Tentu saja, tidak ada air di dalamnya. Lantai dari keramik justru dipasang di langit-langit.

Ruangan terakhir merupakan sebuah warung mie ayam. Berbeda dengan ruang lain, semua perabot terpasang terbalik 90 derajat. Termasuk, semangkuk mie ayam, botol kecap sehingga gerobak mie ayam, semua terpasang terbalik.

Salah satu petugas terlihat sibuk mengatur pengunjung. Dia tidak sekadar mengatur antrean, tapi pengarahkan gaya para pengunjung yang lagi berfoto. "Telapak tangannya menempel tembok, biar mirip Spiderman," serunya kepada pengunjung.

Untuk memasuki Omah Jungkir, pengunjung hanya membayar Rp 5 ribu. Tarif itu belum termasuk tiket memasuki obyek wisata Waduk Rp 7.600 tiap pengunjung. "Terhitung sangat murah untuk sebuah obyek wisata," kata Kepala Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur, Pardiyanto, Sabtu 21 Januari 2017.

Dulunya, Omah Jungkir digunakan untuk wahana rumah hantu. "Tapi sepi peminat," katanya. Pihaknya segera memutar otak agar rumah itu bisa berfungsi lebih baik. "Konsep kami, bangunan ini harus menarik untuk ber-selfie," katanya.

Salah satu pengunjung, Vivi Novita mengaku sengaja berkunjung ke Gajah Mungkur untuk masuk ke Omah Jungkir. "Penasaran, banyak sahabat mengunggah foto di dalam Omah Jungkir di media umum," kata dia.

Dia berharap pengelola tempat wisata memperbanyak lokasi untuk memenuhi hasrat ber-selfie. "KOnsep-konsepnya juga harus diubah secara terencana," kata dia.

AHMAD RAFIQ

Comments