Senja Kala Pabrikan Mobil Konvensional

Otomotif

News / Otomotif

Senja Kala Pabrikan Mobil Konvensional

Senja Kala Pabrikan Mobil Konvensional

KEPONEWS.COM - Senja Kala Pabrikan Mobil Konvensional Ada isu menarik menjelang dibukanya Tokyo Motor Show 2019 ini. Dunia otomotif tak lagi menganggap kendaraan hanyalah sebuah mobil. Tapi lebih dari itu. Industri otomotif sedang menuju perubahan terbes...
Loading...

Ada isu menarik menjelang dibukanya Tokyo Motor Show 2019 ini. Dunia otomotif tak lagi menganggap kendaraan hanyalah sebuah mobil. Tapi lebih dari itu.

Industri otomotif sedang menuju perubahan terbesar dalam 100 tahun terakhir. Selama ini kendaraan identik sebagai alat pemindah. Dan sekarang ada perubahan model skala besar dari kendaraan yang dipamerkan di pagelaran bergengsi tingkat dunia ini.

Toyota misalnya. Dalam satu konferensi pers di depan jurnalis dari banyak sekali penjuru dunia di Odaiba Jepang, 22 Oktober 2019, terang-terang mengaku bahwa perusahaannya tengah melakukan perubahan besar untuk menjadi perusahaan mobilitas. Bukan lagi perusahaan produsen kendaraan.

Wakil Presiden Toyota Motor Asia Pasicif David Nordstrom mengatakan, kemajuan teknologi telah mengubah gaya hidup konsumen. Kebutuhan kendaraan pun akan berubah di masa depan.

"Kami percaya mengubah perusahaan otomotif konvensional ke perusahaan mobilitas penuh dengan tantangan," kata Nordstrom.

Memang, bagi Toyota tak mudah melakukan perubahan ini. Mirip dengan transformasi pabrik pemintalan benang menjadi pabrik mobil pada 1933.

Kini dari tagline Moving Forward menjadi Mobility for All, membuat Toyota menyasar ke mana-mana. Tak hanya mobil, tapi juga peralatan canggih yang menyokong mobilitas manusia.

MI-Garden Ginza, Tokyo

Showroom Canggih Mitsubishi di Tokyo, Tak Perlu Banyak Mobil

Tokyo Motor Show 2017

Tokyo Motor Show 2019 Siap Digelar, Apa yang Baru?

Mobil Presiden Mercedes-Benz S600 Pullman Guard

Terungkap Satu Rahasia Mobil Presiden dan Pejabat RI

Honda Freed model year 2020

Honda Luncurkan Freed Baru Pekan Ini

Mobil konsep Daihatsu Waku Waku sebagai SUV bertubuh mungil

Mobil Daihatsu Penantang Jimny Segera Dibuka Selubungnya

Mahindra Scorpio

Ada Merek Mobil Baru Jajal Peruntungan di Indonesia

Lihat saja, produk-produk baru Toyota tak semuanya mobil. Seperti iRoad, iWalk, robot partner Hamo. Untuk mobil pun, mobil-mobil masa depan tak memakai bahan bakar fosil. Semua itu masuk dalam pilar Connected, Autonomous, Sharing, Electrification (CASE). "Inilah dasar dari Mobility for All," katanya.

Mobil-mobil masa depan Toyota LQ (kiri) dan Toyota Ultra-compact BEV

Mobil-mobil masa depan Toyota LQ (kiri) dan Toyota Ultra-compact BEV. (VIVA.co.id/Hadi Suprapto)

Lalu bagaimana bagi perusahaan mobil yang tak mau bertransformasi?

Bagi Toyota, mobilitas kendaraan di dunia akan berubah. Karena itu dampaknya akan dirasakan jikalau perusahaan tidak mengubah pola usaha.

Comments