Semua Fraksi Sepakat Gaji Anggota DPR Dipotong untuk Hadapi Pandemi Corona

Nasional

News / Nasional

Semua Fraksi Sepakat Gaji Anggota DPR Dipotong untuk Hadapi Pandemi Corona

Semua Fraksi Sepakat Gaji Anggota DPR Dipotong untuk Hadapi Pandemi Corona

KEPONEWS.COM - Semua Fraksi Sepakat Gaji Anggota DPR Dipotong untuk Hadapi Pandemi Corona JAKARTA - Anggota DPR RI menyuarakan pemotongan gaji kepada pimpinan DPR RI untuk digunakan dalam penanganan wabah virus corona atau covid-19. Terkait hal itu, Sekretaris Fraksi PPP DPR Achmad Baidowi...

JAKARTA - Anggota DPR RI menyuarakan pemotongan gaji kepada pimpinan DPR RI untuk digunakan dalam penanganan wabah virus corona atau covid-19.

Terkait hal itu, Sekretaris Fraksi PPP DPR Achmad Baidowi mengatakan semua fraksi telah sepakat melakukan pemotongan gaji pada rapat paripurna yang digelar Senin (30/3/2020) kemarin.

"Soal gaji itu kan PPP yang menginisasi semenjak awal, alhamdulillah kemarin di paripurna semua fraksi sepakat," ujar Baidowi ketika dihubungi , Selasa (31/3/2020).

Menikah Saat Wabah Virus Corona, Eddies Adelia Tetap Ikuti Imbauan Pemerintah

Dia memaparkan bahwa mekanisme pemotongan dan besaran potongan gaji para anggota DPR RI tersebut dikembalikan kepada masing-masing fraksi.

Menurutnya, ada fraksi yang mengusulkan untuk memotong gaji hingga 50 persen dan bahkan ada yang lebih.

"Adapun mekanisme pemotongan dan besaran potongan gaji itu diserahkan kepada masing-masing fraksi. Ada yang mengusulkan 50 persen, ada yang tidak sampai 50 persen, bahkan ada yang lebih," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, anggota DPR RI menyuarakan pemotongan gaji kepada pimpinan DPR saat Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan III di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (30/3/2020).

Usulan tersebut pertama disampaikan Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar, Nurul Arifin yang mengajak seluruh anggota dewan untuk berasedia dipotong gajinya dalam membantu penanganan virus corona.

"Saya ingin mengetuk rekan semua, bagaimana kita memberikan gaji kita setengahnya untuk membantu yang sedang membutuhkan," ujar Nurul Arifin.

Kemudian, Wakil Ketua Komisi II Fraksi NasDem Saan Mustopa meminta pimpinan DPR untuk menjadi nahkoda bagi anggota dewan dalam memotong separuh gajinya.

"Kami usul pimpinan inisiasi pemotongan gaji per bulan April ini, sebagai bentuk kepedulian di DPR," kata Saan.

Sementara Fraksi PKB yang diwakili Cucun Ahmad Saymsurijal menilai pemerintah membutuhkan dukungan dari parlemen, baik dari regulasi maupun lainnya.

"PKB sepakat sebagian gaji untuk dialokasikan kepada masyarakat terkena Covid-19," kata Cucun.

Mendengar usulan tersebut, Ketua DPR Puan Maharani selalu pimpinan sidang meminta anggota dewan untuk menindaklanjuti pemotongan gaji dibahas kepada masing-masing fraksi.

"Usul akan ditindaklanjuti sesuai dengan fraksi masing-masing," ucap Puan.

Semua Fraksi Sepakat Gaji Anggota DPR Dipotong untuk Hadapi Pandemi Corona

Comments