Semakin Mendunia, 'Joglosemar' dan Banyuwangi Masuk 8 Destinasi Prioritas Pemerintah

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Semakin Mendunia, 'Joglosemar' dan Banyuwangi Masuk 8 Destinasi Prioritas Pemerintah

Semakin Mendunia, 'Joglosemar' dan Banyuwangi Masuk 8 Destinasi Prioritas Pemerintah

KEPONEWS.COM - Semakin Mendunia, 'Joglosemar' dan Banyuwangi Masuk 8 Destinasi Prioritas Pemerintah KABUPATEN Banyuwangi masuk dalam delapan destinasi prioritas. Pengembangannya bakal diakselerasi bersama oleh banyak sekali kementerian dan pemerintah daerah. Itu menjadi salah satu keputusan dalam Ro...

KABUPATEN Banyuwangi masuk dalam delapan destinasi prioritas. Pengembangannya bakal diakselerasi bersama oleh banyak sekali kementerian dan pemerintah daerah. Itu menjadi salah satu keputusan dalam Round Table Policy Dialogue (RTPD) yang dilakukan dalam rangkaian Rapat Koordinasi Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan Bank Indonesia (BI) di Yogyakarta, Selasa-Rabu (28-29/08/2018).

Rapat dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, serta sejumlah kepala daerah.

Delapan destinasi prioritas tersebut ialah Bali, Danau Toba, Borobudur-Jogjakarta, Solo, Semarang (Joglosemar), Bromo, Labuan Bajo, Jakarta, Mandalika, dan Banyuwangi.

"Banyuwangi bersyukur kini masuk dalam delapan destinasi prioritas dari pemerintah pusat. Kami berterima kasih, karena pemerintah pusat terus menyokong secara konkrit banyak sekali inovasi daerah, ujar Anas seusai rapat koordinasi tersebut.

Kawah Ijen

(Foto Kawah Ijen : Java Bali Destinations)

Menurut Anas dengan menjadi daerah destinasi prioritas pemerintah, Banyuwangi akan dikembangkan keroyokan oleh pemerintah pusat dengan segala instrumennya, termasuk pembiayaannya. Salah satu langkah awal dari penetapan Banyuwangi sebagai destinasi prioritas ialah dengan diperbaiki dan dibangunnya jalan akses menuju Kawah Ijen dan Taman Nasional Alas Purwo dengan dana Rp50 miliar dari pemerintah pusat.

Kawah Ijen ialah destinasi dengan fenomena api biru (blue flame) yang terkenal diseluruh dunia. Adapun di Taman Nasional Alas Purwo terdapat padang rumput Sadengan tempat tempat asli banteng dan Pantai Plengkung (G-Land) yang mempunyai salah satu ombak terbaik di dunia untuk selancar.

Apalagi, sambung Anas, Bandara Banyuwangi juga terus diperkuat. Bandara yang kini melayani lima frekuensi penerbangan dari Jakarta per hari dan tiga kali per hari dari Surabaya itu sebentar lagi menjadi bandara internasional. Sebuah maskapai sudah menyiapkan rute penerbangan internasional. Saat ini izinnya sedang diproses di Kementerian Perhubungan.

(hel)

Comments