Selama Pandemi Corona, Yang Kaya Menjadi Makin Kaya

Internasional

News / Internasional

Selama Pandemi Corona, Yang Kaya Menjadi Makin Kaya

Selama Pandemi Corona, Yang Kaya Menjadi Makin Kaya

KEPONEWS.COM - Selama Pandemi Corona, Yang Kaya Menjadi Makin Kaya Selama Pandemi Corona, Yang Kaya Menjadi Makin Kaya Bila tidak tertular Covid-19, mereka yang mempunyai banyak uang bisa menghadapi krisis corona dengan tenang. Karena kekayaan mereka terus bertambah...
Selama Pandemi Corona, Yang Kaya Menjadi Makin Kaya

Bila tidak tertular Covid-19, mereka yang mempunyai banyak uang bisa menghadapi krisis corona dengan tenang. Karena kekayaan mereka terus bertambah semenjak tahun lalu. Pada saat yang sama, kelompok orang kaya juga makin luas, kata survei terbaru World Wealth Report yang dirilis biro konsultan Capgemini hari Kamis (9/7).

Tahun lalu, para miliuner dan orang superkaya dunia bisa menikmati peningkatan harta secara mencolok dari naiknya indeks di pasar bursa. Menurut World Wealth Report 2020, harta mereka naik 8,6 persen, dari seluruhnya 65,58 triliun dolar tahun 2018 menjadi 74 triliun dolar tahun 2019.

Dalam surveinya, Capgemini menganalisa data-data statistik nasional banyak sekali negara dan data-data organisasi internasional seperti Bank Dunia.

Keuntungan di pasar bursa

Tahun 2019, di seluruh dunia ada 19,6 juta orang yang mempunyai harta lebih dari satu juta dolar AS, kata laporan itu. Ini berarti peningkatan 8,8 persen dibanding angka tahun 2018. Hampir 200 ribu orang mempunyai harta lebih dari 30 juta dolar.

Klaus-Georg Meyer dari Capgemini mengatakan, dampak krisis corona terhadap nilai kekayaan para jutawan dolar memang masih belum jelas. Tapi kalau dbandingkan data-data dari Januari sampai April 2020, harta para jutawan dolar diperkirakan turun 6-8 persen.

Namuni kemerosotan itu tampaknya bisa ditandingi dengan kenaikan saham di pasar bursa sampai akhir tahun ini. "Setelah anjlok bulan Maret, sekarang pasar saham menunjukkan kenaikan lagi , kata Klaus-Georg Meyer.

4 negara kuasai lebih 60 persen kekayaan dunia

Menurut Capgemini, jumlah orang kaya di Jerman yang mempunyai uang di atas satu juta dolar AS tahun 2019 meningkat 8,6 persen dibanding tahun sebelumnya, menjadi 1,47 juta orang. Nilai kekayaan uang mereka, termasuk uang tunai, tabungan, saham dan surat berharga, seluruhnya bernilai sekitar 5,5 triliun dolar.

Sebagai perbandingan, menurut bank sentral Jerman Bundesbank uang yang dipegang seluruh penduduk Jerman, termasuk saham dan surat berharga, pada akhir 2019 berjumlah 6,5 triliun euro atau sekitar 7,4 triliun dolar AS.

Menurut lembaga penelitian ekonomi Jerman DIW, 10 persen penduduk terkaya di Jerman menguasai 56 persen kekayaan uang, yaitu uang tunai, saham dan surat berharga, sedangkan 50 persen penduduk termiskin hanya menguasai 1,3 persen kekayaan uang.

Menurut World Wealth Report 2020, jutawan dolar paling banyak berada di AS dan Jepang. Jerman berada di peringkat ketiga dan Cina di peringkat keempat. AS, Jepang, Jerman dan Cina menguasai 62 persen kekayaan dunia.

hp/yp (dpa, afp)

Comments